Viral Pidato Nadiem Makarim: Saya Tidak Akan Buat Janji-Janji Kosong

Okezone
 Okezone - Sat, 23 Nov 2019 07:01
 Dilihat: 476
Viral Pidato Nadiem Makarim: Saya Tidak Akan Buat Janji-Janji Kosong

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim membuat naskah pidatonya dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional. Naskah pidato ini dibuat sebanyak 2 halaman dan terlihat sedikit berbeda dari biasanya.

Dalam naskah pidatonya tersebut, Nadiem menyampaikan permohonan maafnya terkait pidato yang ia buat tak seperti pidato peringatan Hari Guru pada umumnya. Ia mengaku ingin berbicara apa adanya kepada seluruh guru yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Menteri Nadiem Pilih Shortcut, daripada Contek Negara Lain

"Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," tulis Nadiem seperti dikuti dari akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Nadiem menyampaikan, tugas guru merupakan tugas yang paling mulia sekaligus tugas yang paling sulit. Salah satunya, ketika ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, guru justru lebih sering diberi aturan dibandingkan pertolongan oleh negara.

Ketika guru mengetahui bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, namun lagi-lagi terpaksa harus mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Ketika guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan yang di kelas, lanjut Nadiem, namun terpaksa harus mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

"Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi," jelasnya.

Sumber: Okezone