Viral Petugas Diduga Satpol PP Tendang Pedagang Kopi Starling, Pj Gubernur DKI Buka Suara

Okezone
 Okezone - Sat, 11 Feb 2023 18:35
 Dilihat: 176
Viral Petugas Diduga Satpol PP Tendang Pedagang Kopi Starling, Pj Gubernur DKI Buka Suara

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono meminta seluruh jajaran Pemprov DKI termasuk Satpol PP kedepankan sisi humanis.

Hal tersebut diungkapkan Heru Budi menyusul viralnya oknum petugas diduga anggota Satpol PP menendang pedagang kopi 'starling' di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Saya meminta seluruh jajaran Satpol PP tetap mengedepankan sisi humanis saat melakukan penindakan dalam rangka penegakan perda/pergub. Ini sangat penting agar masyarakat paham bahwa dengan suasana yang tentram dan tetap mengedepankan unsur pengayoman dan edukasi masyarakat, peraturan bisa kita tegakkan tanpa pretensi yang berlebihan," kata Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (11/2/2023).

"Karena cara yang santun adalah solusi dalam memulai diskusi, tanpa ada unsur kekerasan. Saya juga meminta Kepala Satpol PP untuk selalu mengingat semua petugas untuk mengedepankan sisi humanis dan jika terjadi tindakan kekerasan dan arogansi dalam melaksanakan tugas di lapangan, harus ada tindakan tegas," imbuhnya.

BACA JUGA:Viral Geng Motor Bawa Celurit di Sukabumi, Dikejar Polisi Langsung Kocar Kacir

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menambahkan, bahwa pihaknya senantiasa memperhatikan aspek humanis, edukasi dan komunikasi dalam setiap menjalankan tugas. Di antaranya saat melakukan penertiban yang berpotensi ada pelanggaran terhadap aturan.

Kemudian, semua petugas saat bertindak harus mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang telah diatur, jika ada pelanggaran prosedur tentu akan ada sanksi yang dapat dikenakan.

"Menanggapi kabar yang sedang viral di media sosial, bahwa pedagang kopi keliling panik dan lari saat ada patroli petugas Satpol PP kemudian terjatuh, petugas Satpol PP pun segera membantu pedagang tersebut," kata Arifin.

BACA JUGA:Viral! Dua Ekor Singa di Taman Safari Prigen Ngamuk, Tabrak Yaris Hingga Hampir Terbalik

Sumber: Okezone