Viral Menara Saidah Menyala Merah, Warga: Mustahil, Gedung Itu Sudah Puluhan Tahun Tak Dialiri Listrik

Okezone
 Okezone - Mon, 27 Mar 2023 14:49
 Dilihat: 430
Viral Menara Saidah Menyala Merah, Warga: Mustahil, Gedung Itu Sudah Puluhan Tahun Tak Dialiri Listrik

JAKARTA - Sempat Viral di media sosial, video yang menampilkan Menara Saidah menyala merah terang, membuat jagat warganet heboh. Menara Saidah yang terbengkalai sejak 2007 itu, warganet menduga adanya keanehan lantaran gedung pencakar langit itu selalu menyala di kala waktu Maghrib.

Menara Saidah yang terletak di Jalan MT Haryono, RT.3/RW 01, Cikoko, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, ini memang diakui oleh warga sekitar telah terbengkalai lama. Kendati demikian, Sekretaris RW 01, Muhammad Akbar (42) menyampaikan peristiwa yang viral tersebut sebagai suatu hal yang mustahil.

"Menurut saya sih mustahil, soalnya di gedung Menara Saidah ini sudah tidak dialiri listrik sejak puluhan tahun yang lalu," ujar Akbar kepada MPI di lokasi, Senin (27/3/2023).

Akbar menyampaikan, sejak lama Menara Saidah tersebut sering mengalami gelap gulita. Ia pun tidak meyakini adanya kebakaran atau peristiwa ganjil lainnya, karena dapat dipastikan dirinya beserta warga juga mengetahui hal tersebut.

"Malam disini itu gedung (Menara Saidah) gelap sama sekali. Tapi disitu sih masih ada petugas yang berjaga," katanya.

Akbar menuturkan meski tidak beroperasi, Menara Saidah masih dijaga oleh tiga orang petugas setiap harinya. Ia menuturkan meski tidak terpakai, Menara Saidah tersebut masih digunakan dalam sejumlah kegiatan tertentu.

"Setahu saya sih gedungnya masih dipakai, pada perayaan hari raya Qurban. Pihak pengelola suka memotong hewan qurban di dalam pelataran gedung itu," jelas Akbar.

Akbar menuturkan, pihaknya hanya mengetahui bahwa pemilik dari Menara Saidah itu adalah suami dari aktris beken di masanya, Inneke Koesherawati. Diketahui, suami dari Inneke bernama Fahmi Darmawansyah, terpidana tindak pidana korupsi kasus suap satelit monitoring Bakamla (Badan Keamanan Laut).

"Yang kami tahu juga, Gedung ini sempat diwacanakan mau direnovasi. Tapi sampai sekarang tidak ada realisasinya," katanya.

Berdasarkan pantauan MPI hingga pukul 16.45 WIB, Menara Saidah terlihat sepi dan tidak terurus. MPI bahkan mencoba memantau tampak depan gedung tersebut yang terlihat lusuh, saat berusaha mencari petugas yang berjaga, terlihat satu orang satpam yang tengah asyik bersantai di pelataran Menara Saidah.

Saat hendak dikonfirmasi, petugas keamanan tersebut merasa keberatan. Ia pun meminta MPI untuk tidak boleh mengambil gambar secara dekat kondisi gedung yang terbengkalai itu.

Kendati demikian, petugas tersebut mengizinkan MPI untuk mengambil gambar di luar pagar komplek Menara yang diduga mengalami kemiringan tersebut. Tampak terlihat di pagar yang berbentuk apa adanya itu, tertulis sebuah tulisan besar.

Sumber: Okezone