Viral Menara Saidah Menyala Merah Api, Ini 5 Faktanya

Okezone
 Okezone - Mon, 03 Apr 2023 06:02
 Dilihat: 351

JAKARTA - Warganet di media sosial dihebohkan dengan penampakan Menara Saidah yang terlihat menyala merah saat senja atau masuk waktu Magrib.

Fenomena itu dianggap tak biasa, sebab selama ini Menara Saidah diketahui sudah lama ditinggalkan. Gedung pencakar langit di Pancoran, Jakarta Selatan itu sudah lama ditinggalkan penghuninya dan terbengkalai sejak 2007.

1. Viral

Video singkat Menara Saidah tampak merah itu diunggah oleh akun @love_jkt. Sang pemilik akun menuliskan kondisi Menara Saidah yang tampak menyala.

"Menara Saidah Menyala merah. Sering lihat juga," tulisnya.

BACA JUGA:

2. Masih Dijaga

Pengurus RW setempat, Muhammad Akbar (42) mengatakan Menara Saidah sudah tak dialiri listrik. Ia yakin tak ada kebakaran atau peristiwa ganjil lainnya. Akbar mengungkap meski sudah tak digunakan, Menara Saidah masih dijaga oleh petugas.

3. Biaya Pembangunan Menara Saidah

Menara Saidah diketahui bernama Gracindo saat dimiliki oleh PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Soedibyo.

BACA JUGA:

Gedung yang dibangun selama 3 tahun (1995-1998) itu memiliki 28 tingkat dengan 24 lantai, 2 basement, dan 2 semi basement. Saat itu, ongkos pembangunan Menara Saidah mencapai Rp100 miliar.

Gedung yang dibuat PT Hutama Karya dan menjadi gedung tinggi pertama yang dibangun oleh kontraktor tersebut disebut-sebut memiliki masalah pada bagian pondasi bangunan.

Sumber: Okezone