Viral Jurnalis Wanita Jadi Korban Pelecehan di Gerbong KRL, Begini Modusnya

Okezone
 Okezone - Wed, 17 Jul 2024 17:02
 Dilihat: 109

JAKARTA - Seorang wanita yang berprofesi sebagai jurnalis menjadi korban pelecehan ketika menaiki KRL Commuter Line. Aksi pelecehan itu terjadi ketika korban hendak pulang menggunakan kereta dari arah Manggarai ke Cikini pada Selasa (16/7/2024).

"Saya jurnalis perempuan yang mengalami kejadian tidak mengenakkan di kereta arah Manggarai ke Cikini sepulang saya bertugas," kata korban melalui unggahan di media sosial X dengan nama akun @anotherssm sebagaimana dilihat pada Rabu (17/7/2024).

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, membenarkan adanya peristiwa yang dialami korban. Menurut dia, peristiwa bermula ketika korban yang sedang duduk di kursi penumpang tiba-tiba divideo secara sembunyi-sembunyi oleh seorang pria.

"Bahwa kejadian bemula dari seorang pengguna KRL yang secara sengaja merekam dan mengambil foto bagian intim penumpang wanita lainnya di dalam perjalanan Commuter Line," kata dia ketika dikonfirmasi.

Korban yang memergoki aksi pelaku lalu melaporkan pelaku ke petugas pengamanan di atas kereta. Ketika hendak diamankan, pelaku sempat berupaya melarikan diri namun berhasil dicegah oleh petugas pengamanan. Pelaku lalu dibawa ke pos pengamanan stasiun untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Pelaku yang sebelumnya mencoba kabur saat Commuter Line masuk di Stasiun Sawah Besar," ujar dia.

Hasilnya, menurut Joni, dari ponsel pelaku didapati bahwa pelaku sudah merekam dan memotret sejumlah bagian tubuh korban tanpa seizin korban. Korban yang tak terima lalu melaporkan peristiwa yang dialaminya ke polisi.

"Hasil pemeriksaan awal, pelaku terbukti memvideokan dan mengambil foto korban dengan handphone tanpa seizin korban," kata dia.

Joni mengatakan pihaknya siap memberi perlindungan dan mendampingi korban dalam melanjutkan proses hukum di kepolisian. Di sisi lain, menurut dia, pelaku sudah dikenakan sanksi oleh KAI berupa larangan menaiki Commuter Line.

Sumber: Okezone