Viral Cek Oksimeter Asli atau Palsu Pakai Pensil, Ini Komentar Epidemiolog

Okezone
 Okezone - Tue, 13 Jul 2021 07:59
 Dilihat: 433
Viral Cek Oksimeter Asli atau Palsu Pakai Pensil, Ini Komentar Epidemiolog

NETIZEN menemukan cara unik membuktikan oksimeter yang asli atau palsu menggunakan pensil. Cara ini kemudian viral di media sosial dan jadi acuan banyak orang sekarang.

Jadi untuk memastikan apakah oksimeter tersebut asli atau palsu, Anda tinggal memasukkan pensil ke lubangnya lalu lihat hasilnya.

Baca juga:Viral Cara Bedakan Oksimeter Asli dan Palsu ala Netizen, Mudah Lho

Jika di layar oksimeter keluar hasil pembacaan sensor dari pensil yang dimasukkan, itu artinya alat tersebut palsu. Sedangkan apabila pensil sudah dimasukkan dan di layar oksimeter tidak keluar hasil atau eror, maka alat itu asli.

Logikanya sederhana sekali yaitu pensil tidak memiliki kadar oksigen dalam darah ataupun denyut nadi, sehingga seharusnya layar oksimeter tidak mengeluarkan angka hasil.

Baca juga:Pasien Covid-19 Disarankan Minimal Tes Saturasi Oksigen 3 Kali Sehari

Untuk memastikan apakah cara ini valid di dunia kesehatan, MNC Portal coba meminta tanggapan ahli epidemiolog Dokter Dicky Budiman dari Griffith University Australia. Apa komentarnya?

"Benar itu. Cara kerja oksimeter itu memang yang satu mengirimkan sinar, yang satu menerima dan itu akan memberikan gambaran sel darah merah, dan ini prinsip kerja yang artinya memberikan keakuratan saturasi oksigen," papar dr Dicky Budiman melalui pesan singkat, Selasa (13/7/2021).

Sumber: Okezone