Viral Cahaya Matahari Dilingkari Pelangi di Langit Jambi, Fenomena Apa?

Okezone
 Okezone - Tue, 14 Sep 2021 08:55
 Dilihat: 249
Viral Cahaya Matahari Dilingkari Pelangi di Langit Jambi, Fenomena Apa?

JAMBI - Fenomena matahari dilingkari pelangi terjadi di Kabupaten Batanghari, Jambi. Kejadian tersebut sempat diabadikan warga Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muarabulian.

Fenomena tersebut terjadi pada Selasa 14 September 2021 sekitar pukul 11.30 sampai 11.35 WIB. Peristiwa itu pun viral di tengah masyarakat.

Yernawita, salah seorang warga Muarabulian, ketika melihat fenomena ini mengatakan bahwa ini adalah kuasa Allah SWT. Lantaran tak mengetahui secara ilmiah, kejadian itu dianggap sebagai pertanda musibah.

"Kepada kita semua untuk selalu bertakwa kepada Allah dan dikhawatirkan akan terjadi bencana alam," tuturnya.

Baca Juga: Polisi Gerebek Pesta Sabu di Jambi, Pelaku Terjun ke Sungai Lalu Tenggelam

Dilansir dari BMKG, fenomena matahari dilingkari pelangi dikenal sebagai Halo Matahari. Yakni peristiwa di mana optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan. Itu adalah fenomena yang biasa terjadi dan bukan pertanda sesuatu yang buruk.

Ada berbagai macam halo, tetapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus (biasanya cirrostratus) yang dingin yang berada 5 sampai 10 km atau 3 sampai 6 mil di lapisan atas troposfer.

Fenomena tersebut bergantung pada bentuk dan arah kristal es. Cahaya matahari direfleksikan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinarnya menjadi terpecah ke dalam beberapa warna karena efek dispersi udara.

Baca Juga: KPK Periksa Anggota DPR Asal Jambi terkait Suap 'Ketok Palu' RAPBD

Sumber: Okezone