Viral Berburu Tukar Uang Baru Nyaris Tak Kebagian, Ini Kata BI

Okezone
 Okezone - Tue, 02 Apr 2024 08:18
 Dilihat: 124

JAKARTA - Beredar video masyarakat nyaris tak kebagian penukaran uang baru untuk Lebaran yang disiapkan Bank Indonesia (BI) di Layanan Kas Keliling.

Perlu dicatat, untuk layanan penukaran uang Rupiah baik melalui kas keliling (kecuali kas keliling Susur Sungai), layanan penukaran terpadu, dan BI peduli mudik, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) : https://pintar.bi.go.id.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengatakan, setiap titik penukaran BI melalui Mobil Kas Keliling alokasi jumlah kuota penukaran dengan web PINTAR adalah 300-500 orang.

"BI selalu membawa modal kerja lebih untuk melayani juga masyarakat yang datang langsung tanpa melalui PINTAR (Go Show) dengan rata-rata 50% dari yang terdaftar di PINTAR," kata Marlison saat dikonfirmasi MNC Portal, Selasa (2/4/2024).

Untuk masyarakat yang belum berkesempatan mendaftar di PINTAR karena sudah penuh, Marlison menegaskan maka dianjurkan untuk langsung ke lokasi penukaran.

"Kami akan upayakan memenuhi jumlah sesuai ketersediaan modal yang kami bawa," tegasnya.

Marlison juga menekankan layanan penukaran uang lebaran tidak hanya oleh BI, tetapi juga oleh perbankan di 4.264 titik/kantor bank di seluruh Indonesia

"Jadi masyarakat bisa menukar tidak hanya di BI pada titik layanan dan melalui Mobil Kas keliling, tapi juga di perbankan," ungkap Marlison.

Sumber: Okezone