Viral, Awan Arcus Menggantung di Atas Bandara Internasional Yogyakarta

Okezone
 Okezone - Fri, 15 Jan 2021 09:53
 Dilihat: 301
Viral, Awan Arcus Menggantung di Atas Bandara Internasional Yogyakarta

KULONPROGO - Awan tebal memanjang muncul di langit Kulonprogo, tepatnya di atas Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Jumat (15/1/2021) pagi tadi. Fenomena alam berupa awan Arcus ini pun viral di media sosial dan banyak warga yang mengabadikannya.

Munculnya awal ini terjadi sekitar pukul 07.30 WIB di atas pesisir selatan Kulonprogo. Karena terbawa angin, awan berwarna abu-abu ini terus ke utara dan memanjang di atas bandara YIA dari arah barat ke timur.

"Awan itu diikuti dengan hujan lebat dan angin kencang. Tetapi setelah menghilang hujan juga mereda," kata Koordinator Sarsatlinmas Wilayah V Kulonprogo, Aris Widyatmoko, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Awan Tsunami di Aceh Mirip Penjelasan dalam Alquran Surah An Nur

Airport Operation and Service Senior Manager PT Angkasa Pura (AP) 1, Nyoman Noer Rohim mengatakan, kemunculkan awan ini tidak mempengaruhi jadwan penerbangan. Kebetulan awan ini muncul sebelum ada jadwal penerbangan.

"Operasional normal, tidak ada yang direschedule karena pesawat pertama boarding pukul 08.20," kata Nyoman.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi YIA, Warjono mengatakan fenomena alam ini disebabkan pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa udara yang lebih hangat serta lembab. Hal ini menjadikan tipe awan yang memiliki pola pembentukan horizontal memanjang.

Sumber: Okezone