Viral ART Dipecat karena Duduk di Meja, Bagaimana Harusnya Kita Bersikap pada Pekerja Rumah Tangga?

Okezone
 Okezone - Fri, 06 Jul 2018 13:05
 Dilihat: 407

SEORANG pembantu rumah tangga dipecat karena duduk di meja makan, memicu pertanyaan mengenai hak dan kewajiban pekerja rumah tangga. Ia memecat pekerja rumah tangganya karena "malam hari aku mendapati dia duduk di kursi meja makan aku sambil main HP".

Alasan ini memicu percakapan di media sosial tentang bagaimana seharusnya pekerja domestik diperlakukan? Haruskah PRT duduk di meja yang berbeda. atau makan makanan yang tidak sama dengan keluarga yang memperkerjakannya?

Warganet pun menceritakan pengalaman mereka saat menyaksikan pola hubungan antara pemberi kerja dan asisten rumah tangga.

Beberapa menceritakan pengalaman mereka melihat asisten rumah tangga, ART yang diperlakukan dengan tidak setara.

Namun bukan hanya pemberi kerja yang bisa bertindak sewenang-wenang. Ada pula pekerja domestik yang tidak menjalankan pekerjaannya dengan baik, bahkan ada yang melakukan tindakan kriminal.

Amelia Ayu misalnya, seorang karyawan swasta di Jakarta sempat mengalami cerita yang tidak menyenangkan dengan ART-nya. ART minta izin untuk jalan-jalan pada hari liburnya, namun hingga malam hari, dia tak kunjung kembali maupun memberi kabar.

"Saya panik, takut ada hal tak diinginkan. Bagaimana kalau anak orang celaka di bawah tanggung jawab saya?" kata dia. Rupanya ART-nya menginap di rumah kawan laki-lakinya, dan dengan memakai pakaian dan barang-barang milik Amelia.

Baca juga: Hindari Penggunaan Sabun Batang Bersama, Ini Bahayanya

Kejadian semacam ini didokumentasikan warganet di media sosial, salah satunya dengan tagar #blacklistprt dan #blacklistnanny.

Sumber: Okezone