Terkait Heboh Siti Zainah, Dokter Kandungan: Tidak Bisa Hamil 1 Jam dan Melahirkan

Okezone
 Okezone - Tue, 16 Feb 2021 02:33
 Dilihat: 400
Terkait Heboh Siti Zainah, Dokter Kandungan: Tidak Bisa Hamil 1 Jam dan Melahirkan

SITI Zainah, ibu muda asal Cianjur, Jawa Barat, sempat membuat heboh setelah pengakuannya hamil hanya dalam waktu 1 jam dan langsung melahirkan. Cerita ini pun membuat publik bertanya-tanya sekaligus merasa janggal. Bagaimana bisa seseorang hamil dan melahirkan dalam waktu 1 jam saja?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Nina Martini Somad SpOG, menilai kasus yang dialami Siti Zainah sangat aneh. Baginya dalam ilmu kedokteran tidak bisa kehamilan dan melahirkan terjadi hanya dalam waktu 1 jam.

Baca juga:Heboh Perempuan Hamil dan Melahirkan dalam 1 Jam

"Yang jelas secara ilmu kedokteran terjadinya kehamilan karena bertemunya sel telur perempuan dengan benih atau sperma laki-laki, kemudian terjadi proses pembelahan sel sampai terbentuknya zigot. Zigot kemudian akan menempel pada dinding rahim bagian dalam. Nah di dalam rahim, zigot akan berkembang selama 9 bulan sampai akhirnya siap untuk dilahirkan," papar dr Nina kepada MNC Portal, Selasa (16/2/2021).

Menanggapi pernyataan Siti Zainah di media mengenai dirinya tidak sadar jika sedang hamil, dr Nina mengatakan perlu dilakukan observasi lagi apa yang dimaksud dengan tidak sadar tersebut. Apakah memang tidak tahu mengenai definisi kehamilan itu sendiri atau menilai dari tidak adanya mual atau ngidam.

"Kalau maksud si ibu itu tidak merasa sedang hamil karena tidak ada mual dan ngidam, pada beberapa kasus, kehamilan memang tidak memperlihatkan gejala tersebut," jelas dr Nina.

Ia melanjutkan, tapi kalau kondisi perut membesar secara berkala atau gerakan janin, itu tentu terjadi pada semua ibu hamil.

Baca juga:Mengenal Cryptic Pregnancy, ketika Hamil dan Melahirkan Hanya 1 Jam

"Beda cerita memang kalau si ibu bertubuh sangat gemuk, sehingga enggak terlalu terlihat perubahan pada perutnya. Nah, kalau dilihat dari foto, sepertinya si ibu ini tubuhnya enggak gemuk, ya, jadi aneh banget," tambahnya.

"Si ibu ini kemungkinan enggak peduli dengan membesarnya perut atau ada gerakan di dalam perutnya. Terlebih, kalau dari pengakuan dia ke media, dia merasa yakin enggak hamil karena sedang program KB," tutur dr Nina.

Sumber: Okezone