Sindir Pemerintah, Ini 5 Meme Karhutla Keren Hasil Kreasi Netizen

Okezone
 Okezone - Thu, 19 Sep 2019 21:07
 Dilihat: 937
Sindir Pemerintah, Ini 5 Meme Karhutla Keren Hasil Kreasi Netizen

Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera semakin memprihatinkan. Kabut asap masih menyelimuti pemukiman warga, bahkan imbasnya turut dirasakan oleh negara tetangga. Untuk mengkritisi kinerja pemerintah, para netizen berbondong-bondong membuat meme kocak bernuansa sindiran.

Tak sedikit pula yang mengunggah foto dan video yang menggambarkan kondisi terkini kedua daerah tersebut akibat karhutla. Semuanya mereka lakukan secara sukarela demi menarik perhatian pemerintah dan pihak-pihak terkait. Bahkan, tagar #SaveKalimantam sudah berulang kali menjadi trending topic di Twitter.

Lantas, seperti apa saja meme-meme hasil kreasi netizen dalam memperjuangkan hak-hak warga Sumatera dan Kalimantan? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2019).

1. Bertindaklah sebelum kami mati

Mantra ini seringkali digunakan netizen untuk memviralkan konten-konten berbau sosial. Mulai dari menggalan donasi, mencari orang hilang, hingga menyuarakan bantuan untuk warga yang terdampak kebakaran hutan. Contohnya seperti sebuah foto yang diunggah oleh akun twitter @dav8prad. Foto tersebut menampilkan gambar seorang wanita bermasker dengan latar belakang kabut asap.

Pada bagian atasnya tertulis sebuah kalimat menohok yang berbunyi, "Bertindaklah Sebelum Kami Mati,". Foto itu juga dihiasi beberapa dua buah tagar bertuliskan #SaveKalimantan dan #KalimantanDaruratAsap.

Sumber: Okezone