Sebelum Viral di Google Doodle, Presiden Jokowi dan Iriana Pernah Pakai Noken Papua

Okezone
 Okezone - Sat, 05 Dec 2020 01:21
 Dilihat: 400

Keputusan penggunaan noken Papua pada Google Doodle pada Jumat (4/12/2020), membuat tas tradisional ini menjadi viral. Tas yang biasanya dibawa oleh masyarakat Papu ini bahkan pernah dikenakan oleh Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Arfak pada 27 Oktober 2019.

Dalam unggahan video di akun YouTube Sekertariat Presiden, orang nomor satu di Indonesia ini tampak berjalan berama dengan anak-anak Papua sambil mengalungkan noken di lehernya. Pengalungan noken ke leher Jokowi sebagai ucapan selamat datang bagi masyarakat Papua.

Tak hanya Jokowi, Ibu Negara, Iriana juga turut disambut dengan noken oleh masyarakat Papua. Bahkan untuk menghormati tradisi tersebut, Jokowi dan Iriana terus menggunakan noken tersebut selama membacakan pidatonya.

Baca Juga : Intip Cantiknya Chelsea Islan Pakai Noken Papua

Hingga saat ini, noken Papua pun masih dilestarikan oleh masyarakat Papua karena memiliki banyak fungsi. Merangkum dari Instagram @kemenparekraf.ri, masyarakat Papua biasanya menggunakan noken untuk membawa hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian, hingga kayu bakar.

Selain itu, noken juga dipakai dalam upacara maupun sebagai kenang-kenangan untuk tamu. Tas tradisional ini dibuat dari bahan baku serat kayu pun berbeda-beda. Ada yang dari kulit kayu Pohon Manduan, Pohon Nawa, hingga Anggrek Hutan.

Meski bentuknya selintas mirip dengan tas selempang, namun cara menggunakan noken terbilang cukup unik. Masyarakat Papua menggunakan noken dengan cara melilitkan talinya ke bagian dahi.

Sumber: Okezone