Jokowi Borong Noken Papua, Netizen: Presidenku Memang Trendsetter!

Okezone
 Okezone - Fri, 01 Oct 2021 12:52
 Dilihat: 315
Jokowi Borong Noken Papua, Netizen: Presidenku Memang Trendsetter!

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) tiba di Papua, Jumat (1/10/2021). Kunjungan Presiden Jokowi kali ini untuk membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX besok, Sabtu 2 Oktober 2021.

Dalam perjalanan menuju hotel di Jayapura sore tadi, ada pemandangan yang menyita Presiden Jokowi. Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi lewat unggahan foto di akun Instagramnya, @jokowi.

Dalam foto tersebut, tampak Presiden Jokowi menghampiri seorang pedagang di pinggir jalan. Rupanya Presiden Jokowi membeli noken khas Papua.

"Pandangan saya tertambat pada deretan tas rajutan warna-warni yang dijajakan di pinggir jalan. 'ini noken, Bapak. Tas daru kulit kayu', kata mama Papua bernama Paulina Adi yang yang saya temui menjaga dagangannya," cerita Presiden Jokowi.

Dalam unggahannya, diketahui Presiden Jokowi membeli dua noken dari sang pedagang. Presiden Jokowi pun langsung memakai kerajinan khas dari Bumi Cendrawasih tersebut.

"Saya beli dua noken dan langsung mengalungkannya. Cocok, bukan?," tanya Presiden Jokowi mengakhiri unggahannya.

Baca Juga : Filosofi Noken, Warisan Budaya UNESCO Kebanggaan Masyarakat Papua

Netizen langsung meramaikan unggahan foto Jokowi memborong noken tersebut. Selain berterima kasih, netizen juga memprediksi harga noken akan melejit setelah dipakai Jokowi.

"Mace ko mantap. Terima kasih bapak presiden sudah beli mamah2 dong pu jualan," ungkap @profesor.kehutanan

"Mantab pakde..orangnya merakyat banget....," tutur @dudy_herman***

"Pak Jokowi saya mau ulang tahun . Hadiahin noken papua saya mau," kata @eeyin***

"Pak Jokowi mborong nih..Wah, siap2 deh, sebentar lagi harga Noken naik deh! Presidenku memang trend setter! ," ungkap @kemang_flo***

Apa yang dipakai Jokowi memang kerap menjadi trendsetter. Salah satunya jaket bomber yang pernah viral dan digandrungi kalangan milenial.

Filosofi Noken

Noken sendiri merupakan kerajinan khas tanah Papua yang hanya boleh dibuat oleh orang Papua karena melambangkan kedewasaan seorang perempuan lokal.

Jika tidak bisa membuat noken, maka perempuan tersebut belum dianggap dewasa dan itu merupakan syarat untuk menikah. Tas tradisional masyarakat Papua ini terbuat dari serat kulit kayu.

Bahan baku serat kayunya pun berbeda-beda, ada yang dari kulit kayu Pohon Manduan, Pohon Nawa, hingga Anggrek Hutan. Karena keunikannya tersebut, Noken telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan tak benda pada tahun 2012 lalu.

Sumber: Okezone