Netizen Gerah Lihat Sikap Gibran Seolah Rendahkan Mahfud MD di Debat Cawapres

Okezone
 Okezone - Sun, 21 Jan 2024 15:52
 Dilihat: 254

JAKARTA - Jagad media sosial X memanas setelah debat calon wakil presiden (cawapres) kedua digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) malam. Hal ini lantaran netizen merasa ada yang tidak pantas dalam debat malam ini.

Beberapa netizen menilai gesture atau gerak tubuh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming terlihat merendahkan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. Momen ini terjadi dalam sesi tanya jawab antara paslon nomor 2 dan 3 terkait greenflation.

Dalam sesi tanya jawab debat tersebut, Gibran tiba-tiba saja menaruh tangannya di atas mata dan menggerakkan tubuhnya seperti sedang mencari sesuatu. Hal ini dilakukannya setelah mendengar jawaban dari Prof Mahfud.

BACA JUGA:

"Saya lagi cari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya," kata Gibran.

Melihat tingkah Gibran, netizen tentu tidak tinggal diam. Pasalnya, dalam kontes debat memang sudah biasa saling menyerang, namun tidak boleh melupakan yang namanya etika.

"Berdebat sengit boleh, tapi bukan berarti boleh merendahkan kehormatan orang lain dengan bahasa tubuh yang tidak sopan," tulis Profesor Zubairi Djoerban lewat akun X @profesorzubairi.

Sementara Allisa Wahid sangat menyayangkan sikap Gibran yang dianggap asiknya terlalu kelewatan hingga menjadi melecehkan orang lain.

BACA JUGA:

"Menyayangkan sikap mas @gibran_tweet malam ini. Sedikit jahil berbeda dengan sikap melecehkan orang lain. Dan itu yang tadi ditunjukkan mas Gibran berulang-ulang kepada kedua kandidat lain," tulis @allisawahid.

Banyak pula netizen lain yang turut serta memberikan komentar atas sikap Gibran pada Prof Mahfud MD.

"Gibran G nya Gws," tulis selebgram @aultutorialhidup.

"Sok asyik. Songong. Disrepectful," tulis @okkymadasari.

"Dalam debat itu ada manner.. Gibran ini bener2 udah ga menghormati forum...Ga terima lah Prof Mahfud diperlakukan seperti itu...," tulis @mfatah***.

BACA JUGA:

"Sumpah???? Gue bakal kasih predikat orang tercringe 2024 adalah GIBRAN RAKA BUMING RAKA," tulis @legis***.

Sikap yang dilakukan oleh Gibran dalam debat cawapres kedua ini telah menjadikan namanya trending topic di sosial media X. Kini topik tentang Gibran telah mencapai 422 ribu cuitan.

Sumber: Okezone