Gegara 'Tengil', Gibran Raih Kemarahan Netizen Tertinggi saat Debat Cawapres

Okezone
 Okezone - Mon, 22 Jan 2024 14:20
 Dilihat: 246

JAKARTA - Tingkah calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Gibran Rakabuming Raka selama debat keempat Pilpres 2024 menuai beragam reaksi. Menurut data lembaga monitoring media sosial Binokular pada acara Debar Trijaya, Gibran meraih kemurkaan netizen hingga 7,6 persen.

Sebagaimana diketahui, cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto itu dalam beberapa kesempatan menunjukkan air muka dan gestur 'meledek' dua kandidat lainnya, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Bahkan, kata seperti songong juga sempat trending mewakili Gibran.

"Trust paling tinggi Pak Mahfud, warna merah (anger) yang paling tinggi untuk Gibran. Songong juga sempat trending, beberapa netizen mengatakan Gibran sedang mempermalukan diri sendiri," kata Nicko Maryadi selaku Project Manager Binokular.

Menurut Nicko, kalau Gibran melakukan pengecekan survei konsultan politik, maka dia tahu netizen sensitif dengan serangan personal di dalam debat.

"Di debat itu tidak suka serangan personal. dan netizen menilai Gibran sedang melakukan serangan personal karena yang dilihat catatan, bukan public policy seperti yang disebut Cak Imin dan Pak Mahfud ngomong itu omongan receh. Saya kira ini sangat disayangkan dan menimbulkan anger yang cukup gede," imbuh Nicko.

Di sisi lain, Founding Chairman Nusantara One Indonesia's SDGs Movement Charles Bonar Sirait menilai jika apa yang dipertontonkan Gibran dalam debat tidak mengedukasi.

"Kalau soal tontonan kita harus berterima kasih kepada yang membuat gimmick. Tapi yang kita cari cuma sekadar rame apa edukasi? Kalau tujuan debat adalah to educate the public, saya pikir cara-cara yang tadi agak nggak biasa yang Gibran t tonjolkan di masyarakat kita," ujar Charles.

Sumber: Okezone