Jokowi: Distribusi Vaksin Covid-19 Tak Mudah, Memerlukan Cold Chain

Okezone
 Okezone - Wed, 18 Nov 2020 03:39
 Dilihat: 293
Jokowi: Distribusi Vaksin Covid-19 Tak Mudah, Memerlukan Cold Chain

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan proses vaksinasi Covid-19 tidak semudah seperti dibayangkan. Pemerintah harus memikirkan distribusinya yang ternyata tidak mudah.

"Karena memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan, kita juga harus menyiapkan distribusi ke seluruh tanah air. Ini yang tidak mudah," ujar Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskemas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020).

Jokowi mengungkapkan, proses distribusi vaksin Covid-19 memerlukan sistem rantai dingin atau cold chain system supaya barang tersebut tidak rusak. Hal inilah yang masih terus disiapkan oleh pemerintah.

"Memerlukan cold chain, kedinginan dengan derajat tertentu. Setiap vaksin dari produk berbeda memerlukan juga model distribusi yang berbeda. Inilah yang terus kita siapkan agar nanti daerah-daerah juga segera mendapatkan vaksin dan vaksinnya juga tidak rusak," jelasnya.

Baca juga: Jokowi : Setelah Vaksin Datang Tidak Bisa Langsung Disuntikkan

Jokowi berharap vaksin corona datang di akhir November 2020. Tetapi jika tidak bisa, maka masuk di Desember 2020. Bentuk vaksinnya dalam bentuk jadi atau masih bahan baku yang nantinya diolah di PT Bio Farma.

Sumber: Okezone