Heboh Fenomena Alam 2 Matahari di Amerika dan Kanada, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Wed, 12 Jun 2019 14:34
 Dilihat: 468
Heboh Fenomena Alam 2 Matahari di Amerika dan Kanada, Ini Faktanya

FENOMENA alam memang kerap membuat kita kagum. Baru-baru ini di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada fenomena alam menakjubkan kembali terjadi. Pasalnya, di negara tersebut terlihat dua matahari.

Sebenarnya, itu bukanlah matahari, melainkan pancaran sinar bulan. Fenomena ini pun kerap disebut sebagai Hunter Moon. Fenomena ini terjadi karena perubahan orbit saat memutari matahari.

Akibatnya, matahari terbenam dan bulan terbit secara bersamaan, dengan keduanya saling berseberangan pada sudut atau derajat bulan tertentu, sehingga matahari memantulkan sinar ke bulan begitu terang, sehingga terasa mirip matahari.

Baca Juga: Heboh Jak Angel Seksi Jessie Amalia Liburan Bareng Mohamed Salah di Pantai


Kemunculan Hunter Moon, memungkinkan beberapa penduduk Amerika Utara untuk melihat bulan tersebut sebagai matahari di langit. Meskipun, nama yang digunakan tidak akurat karena Hunter Moon sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ilusi optik dua matahari.

Hunter Moon adalah nama untuk bulan purnama setelah Harvest Moon, yang merupakan bulan purnama terdekat dengan titik balik musim gugur. Di Belahan Bumi Utara, Harvest Moon terkadang jatuh pada bulan September dan kadang-kadang jatuh pada bulan Oktober.

Baca Juga: Uniknya Prewedding Jessica Iskandar, Warna-Warni dan Mesra

Hunter Moon hanyalah bulan purnama biasa, dengan jalur khusus yang melintasi langit. Kebanyakan Hunter Moon tidak benar-benar lebih besar atau lebih cerah.

Mereka jelas tidak lebih berwarna dari bulan purnama lainnya. Tapi, banyak yang berpikir bahwa Hunter Moon selalu terlihat lebih besar atau lebih cerah dan lebih oranye dari biasanya.

Gambar-gambar fenomena dua matahari tersebut, pernah disiarkan di Kanada menggambarkan munculnya langit Shamseen di Kanada, Inggris, China, dan Rusia.

Sumber: Okezone