Harga Rokok RI Mahal Setara Singapura, Netizen: Kayak di Luar Negeri

Okezone
 Okezone - Mon, 01 Feb 2021 08:18
 Dilihat: 614
Harga Rokok RI Mahal Setara Singapura, Netizen: Kayak di Luar Negeri

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberlakukan kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok naik 12,5% per hari ini. Adapun kenaikan tersebut akan berdampak pada kenaikan harga rokok.

Sebelumnya, Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nirwala Dwi Haryanto mengatakan harga rokok Indonesia sudah lebih mahal dari Malaysia dan Filipina.

Baca Juga: Cukai Naik 12,5%, Saham Rokok Tertekan

"Kalau kita kita lihat harga rokok kita dengan cukai kita naikan sudah lebih mahal dari Malaysia dan Filipina," ujar Nirwala saat itu.

Kebijakan ini lantas menimbulkan pro kontra di masyarakat. Sejumlah komentar dilontarkan melalui sosial media. Berikut Okezone rangkum beberapa komentar menarik netizen di Twitter.

Netizen dengan akun twitter @padidisawah turut menanggapi kenaikan cukai rokok hari ini. dia mengatakan ini saatnya untuk stop membeli rokok.

"Cukai rokok naek lg, saatnya stop beli rokok," tulis @padidisawah.

Seorang netizen dengan nama akun @guidenko menyebut kenaikan cukai rokok membuat harganya seperti di luar negeri.

"Hari ini cukai rokok mulai naik, udah kayak di luar aja nih harga rokok," cuit @guidenko

Meski begitu, sejumlah netizen justru mendukung kebijakan ini. Salah satunya disampaikan oleh akun twitter @ZZhorief. Dia mengatakan setuju dengan kenaikan cukai rokok jika itu untuk mengisi kas negara.

Sumber: Okezone