Dokter Fajri Sebut Video Viral Vaksin Kosong Memang Tak Ada Pergerakan

Okezone
 Okezone - Mon, 09 Aug 2021 14:22
 Dilihat: 597
Dokter Fajri Sebut Video Viral Vaksin Kosong Memang Tak Ada Pergerakan

BARU-BARU ini beredar penyuntikan vaksin kosong oleh salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas. Video tersebut kini viral dan menjadi buah bibir masyarakat. Banyak sekali masyarakat yang penasaran, apakah suntikan tersebut benar-benar kosong?

Dalam video yang diunggah akun Twitter @Irwan2yah pada Senin (9/8/2021) terlihat dengan jelas bahwa klep hitam pada suntikan sama sekali tidak bergerak. Sayangnya pemuda putih yang sedang divaksin tersebut tidak berani melihat ke arah vaksinator yang sedang menyuntikan vaksin ke lengan kirinya.

Dalam video tersebut, sang pengunggah juga tidak lupa menuliskan caption yang bertulis:

"Saya ingin berbagi informasi Kejadian di Sekolah IPK Pluit Timur. Tanggal 6/8/21 Jam 12.30 suntikan vaksinasi, ternyata suntik kosong. Setelah Protes dan cuma kata maaf, akhirnya di suntik kembali. Agar dapat diperhatikan. Sebarkan agar suster tersebut diproses," tulis unggahan tersebut."

Tentunya banyak sekali masyarakat yang bertanya, apakah vaksin Covid-19 benar-benar tidak disuntikkan. Sebab dalam video itu, seal karet berwarna hitam pada ujung suntikan sama sekali tidak bergerak. Menjawab hal itu Influencer Kesehatan sekaligus Relawan Dokter Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i membantu memberikan penjelasannya.

"Untuk memastikan kebenaran video tersebut tentunya harus menunggu dulu konfirmasi dari pihak penyelenggara. Jika betul terjadi di Indonesia atau negara lain, mungkin hak ini disebabkan oleh faktor kelalaian. Jika memang itu terjadi, mungkin karena lupa atau ada miss," kata dr. Fajri saat diwawancarai MNC Portal, Senin (9/8/2021).

Lebih lanjut dr. Fajri pun memberikan gambaran situasi yang terjadi terkait dengan video tersebut. Ia melihat memang tidak ada pergerakan pada jarum suntik telah ditusukkan ke lengan kiri peserta.

"Terlepas dari benar atau tidaknya video tersebut, kalau dilihat dari gambarnya memang sepertinya tidak bergerak dan tidak tersuntikan. Cuma ini tidak bisa dipastikan, sehingga harus menunggu petugas di lapangan," kata dia.

"Secara teoritis di luar apa yang terjadi dalam video ini, setiap penyuntikkan ya memang harus ada pergerakan. Kalau ada penyedotan dan mendorong cairan maka harus ada pergerakan," tuntasnya.

Sumber: Okezone