Cerita Pilu di Balik Foto Viral Seorang Ibu saat Covid-19 Mengganas di India

Okezone
 Okezone - Fri, 23 Apr 2021 23:15
 Dilihat: 337
Cerita Pilu di Balik Foto Viral Seorang Ibu saat Covid-19 Mengganas di India

FOTO seorang ibu dengan jenazah putranya di kakinya menjadi viral di India. Foto itu menampilkan Chandrakala Singh yang tampak kelelahan, duduk terdiam di sebuah bajaj. Adapun tubuh putranya, Vineet Singh, terbujur kaku di kakinya.

Kejadian ini berlangsung di sebuah jalanan ramai di Kota Varanasi, yang terletak di Negara Bagian Uttar Pradesh, India utara. Negara bagian itu termasuk yang paling parah terkena dampak gelombang kedua Covid-19 yang melanda India.

Baca Juga: Tekan Covid-19, WHO: India Harus Kendalikan Mobilitas

Varanasi, yang berjuang untuk mengatasi pandemi, adalah daerah pemilihan Perdana Menteri Narendra Modi. Foto memilukan ini hanyalah salah satu contoh dari penderitaan penduduk India yang terperangkap di antara pandemi yang "mengganas" dan sistem perawatan kesehatan di ambang kolaps.

Pada Senin 19 April 2021 pagi, Chandrakala bersama putranya menuju rumah sakit yang terafiliasi dengan Universitas Hindu Banaras (BHU) dari rumah mereka. Perjalanan memakan waktu lebih dari satu jam, kata saudara laki-lakinya Jai Singh kepada BBC Hindi.

"Vineet menderita penyakit ginjal dan telah berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit BHU selama beberapa waktu. Dia telah membuat janji pertemuan untuk Senin, sepekan yang lalu," kata Jai Singh.

Namun, ketika sang ibu dan anak ini sampai di rumah sakit, mereka diberitahu bahwa dokter yang akan mereka temui tak ada di rumah sakit. Mereka kemudian dirujuk ke pusat trauma yang menerima kasus gawat darurat.

Vineet kolaps di pintu masuk pusat trauma, dan seperti kata ibunya, staf rumah sakit menolak memeriksanya. "Mereka berkata dia terpapar corona. 'Bawa dia dari sini'. Putra saya, anak saya kehabisan napas. Kami minta oksigen dan ambulans, tapi kami tidak dapat apa-apa," tutur Chandrakala sambil menangis.

Baca Juga: Heboh Ratusan WN India Masuk Indonesia, Begini Penjelasan Imigrasi Bandara Soetta

Chandrakala kemudian membawa putranya ke rumah sakit swasta terdekat menggunakan bajaj, tetapi mereka juga menolak untuk menerimanya.

Dalam perjalanan ke rumah sakit ketiga, Vineet meninggal dunia. Tubuhnya terbujur kaku di kaki ibunya.

Dan saat Chandrakala duduk di sana dalam kondisi duka, hancur oleh kematian putranya dan sangat membutuhkan bantuan, dia dirampok. Catatan medis dan telepon putranya dicuri.

Sumber: Okezone