Bukan Cuma Corona COVID-19, 5 Pandemi Ini pun Hebohkan Dunia

Okezone
 Okezone - Wed, 22 Apr 2020 02:09
 Dilihat: 424
Bukan Cuma Corona COVID-19, 5 Pandemi Ini pun Hebohkan Dunia

PANDEMI virus corona COVID-19 telah menginfeksi jutaan orang di dunia dan menyebabkan banyak korban jiwa. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini layaknya seleksi alam, yang menentukan kehidupan manusia di masa depan.

Meski demikian, fenomena sperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya dunia juga pernah dihadapkan pada pandemi yang lebih besar dan menewaskan lebih banyak populasi manusia. Merangkum dari Fox News, Rabu (22/4/2020), berikut ulasannya.

Antonine Plague (165-180AD)

Antonine Plague tercatat telah menewaskan lima juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini diyakini berasal dari China. Tentara yang bertugas dari Roma menuju Mesopotamia pada akhir 165 AD mengalami sakitt dengan ditandai papula merah dan hitam yang akhirnya berkeropeng dan jatuh.

Penyakit ini dengan cepat menyebar ke seluruh kekaisaran Romawi. Orang yang sudah tertular penyakit ini dan berhasil selamat, kemunfkinan besar akan menjadi kebal. Pada saat wabah tersebut bisa dikendalikan pada 180 AD, penyakit tersebut telah menewaskan jutaan orang dan memusnahkan 150 ribu tentara Roma.

Penyakit tersebut juga telah merenggut nyawa Kaisar Marcus Aurelius. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah diare, batuk, demam, tenggorokan kering dan papula.

Sumber: Okezone