Aksi Heroik Polisi Brasil Selamatkan Bayi yang Nyaris Mati Tersedak Viral di Medos

Okezone
 Okezone - Wed, 24 Apr 2019 08:31
 Dilihat: 440
Aksi Heroik Polisi Brasil Selamatkan Bayi yang Nyaris Mati Tersedak Viral di Medos

SAO PAULO - Dua polisi di Sao Paulo, Brasil dipuji sebagai pahlawan setelah berhasil menyelamatkan seorang bayi berusia 21 hari yang hampir tewas karena tersedak. Tindakan kedua polisi dalam insiden dramatis itu terekam dalam kamera pengawas di stasiun 9 Marilia dan menjadi viral setelah dibagikan di media sosial.

Dalam rekaman yang di-posting di Facebook oleh akun Polisi Militer Negara Bagian Sao Paulo di Facebook, Petugas Thiago de Souza dan Renato Taroco dengan sigap bertindak saat orangtua bayi itu datang ke kantor polisi dalam keadaan putus asa dengan membawa anak mereka yang tidak sadarkan diri. Bayi tersebut dilaporkan tidak bisa bernafas setelah tersedak saat minum susu.

Sang ayah terlihat menyerahkan bayinya kepada kedua petugas yang dengan cepat melakukan manuver Heimlich dan resusitasi mulut ke mulut dalam upaya menyadarkan bayi yang baru lahir tersebut. Manuver Heimlich adalah tindakan pertolongan pertama dengan menekan perut korban guna melancarkan aliran udara di saluran pernafasan bagian atas.

Kedua orangtua bayi itu tampak panik dan tidak bisa tenang melihat para petugas berulangkali memeriksa nafas bayi mungil itu. Demikian dilaporkan Global News.

Setelah bayi itu sadar kembali dan tampak bernapas dengan normal, raut wajah kedua orangtuanya tampak lega. Mereka kemudian merangkul anak mereka dan membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan medis.

Dalam akun Facebooknya, Polisi Militer Sao Paulo mengonfirmasi bahwa "si kecil Henrique", julukan untuk bayi itu, dalam keadaan baik berkat pemikiran cepat dan tindakan kedua petugas tersebut.

Nico Wijaya

Sumber: Okezone