6 Fakta Foto Prewedding Busana Adat Jawa Tengah di Jepang yang Viral

Okezone
 Okezone - Wed, 08 Jul 2020 09:43
 Dilihat: 1038
6 Fakta Foto Prewedding Busana Adat Jawa Tengah di Jepang yang Viral

Akun Instagram @hassanhass mendadak viral. Akun tersebut membagikan foto sepasang calon pengantin berfoto di tengah kota Kyoto, Jepang, mengenakan pakaian adat Jawa Tengah.

Aksi tersebut pun dipuji banyak netizen di media sosial. Netizen kagum dengan foto prewedding unik tersebut. Alasannya variatif, salah satunya ada warga Indonesia yang mau mengenalkan pakaian tradisional di Jepang dengan cara yang tak biasa.

Okezone berhasil mewawancarai langsung si fotografer, Mas Kasan, untuk mengulik lebih dalam mengenai foto prewedding tersebut dan kami coba merangkumnya menjadi 5 fakta berikut:

1. Pemotretan dilakukan sebelum pandemi


Ternyata, foto prewedding yang viral tersebut bukan baru-baru ini dilakukan. Menurut Mas Kasan, pemotretan dilakukan April 2019, jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

2. Konsep foto 'Modern Heritage'

Menurut Kasan, tema dari pemotretan tersebut ialah 'Modern Heritage'. Niatnya adalah untuk menggabungkan elok-murninya budaya Jawa berpadu dengan modern-classic Kyoto, Jepang.

"Konsepnya datang dari saya dan Novia, calon mempelai perempuan. Kebetulan kami semua berasal dari Jawa; Saya dari Kediri, Novia dari Pati, dan Hartanto (calon mempelai pria) dari Purworejo. Ide sudah kami bicarakan jauh-jauh hari sekitar 3-4 bulan sebelum photo session," kata Mas Kasan melalui pesan singkat, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga : Viral 3 Foto Prewedding Pasangan Berbusana Adat Jawa di Kyoto Jepang, Wow Keren

3. Foto prewedding ini punya makna besar untuk calon pengantin

Tema foto prewedding ini juga menjadi sumber kekuatan si calon pengantin. Menurut Mas Kasan, Novia dan Hartanto menjalani hubungan jarak jauh dan dengan mengenakan pakaian tradisional itu, perlambang seberapa jauh fisik keduanya, jiwa dan akar budaya keduanya tetap satu, Tanah Jawa.

Sumber: Okezone