Viral Wedding Organizer Promosikan Nikah Dini, BKKBN Ingatkan 5 Bahaya Ini

Okezone
 Okezone - Wed, 10 Feb 2021 12:02
 Viewed: 309
Viral Wedding Organizer Promosikan Nikah Dini, BKKBN Ingatkan 5 Bahaya Ini

JAKARTA - Akhir-akhir ini, viral ajakan atau imbauan menikah di usia dini oleh Aisha Wedding di masyarakat dan media sosial (medsos). Kaum muda dengan rentang usia 12-21 tahun diimbau untuk segera menikah.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, pernikahan dini sangat berbahaya. Karena itu, pihaknya mengingatkan agar pernikahan disiapkan secara matang, termasuk usia yang mencukupi.

"Pernikahan dini sangat bermasalah. Saya selaku Kepala BKKBN melarang keras perkawinan anak dan perkawinan dini," ujarnya, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Heboh! Wedding Organizer Ini Promosikan Kawin Siri dan Poligami

Menurutnya, ada 5 dampak serius perkawinan anak yang harus diketahui publik. Pertama, pernikahan yang tidak dilakukan dengan persiapan yang matang, termasuk secara usia, sangat berpotensi melahirkan anak stunting (anak mengalami kekerdilan).

Kedua, kata Hasto, proses persalinan yang bias terganggu atau macet karena panggul perempuan yang belum cukup usia sempit sehingga mengancam kematian bayi.

"Ketiga, anak-anak dan perempuan hamil terlalu muda potensi robek mulut rahim dan jalan lahir saat proses melahirkan dan mengancam perdarahan serta kematian," tuturnya.

Baca Juga: Warga Cianjur Kena Tipu Wedding Organizer dengan Modus Paket Murah

Selain itu, potensi banyak penyakit preeklamsia, tensi darah naik, kaki bengkak, kejang saat persalinan dan kematian ibu. "Ini banyak juga pada perempuan yang hamil pada usia kurang dari 20 tahun," katanya.

Bahaya keempat, tutur Hasto, perkawinan di usia muda bias menjadi penyebab terjadinya kanker mulut rahim.

Source: Okezone