Viral Penumpang Ngamuk Gara-Gara AC, Ini Penjelasan Batik Air

Okezone
 Okezone - Thu, 13 Apr 2023 06:09
 Viewed: 321

JAKARTA - Batik Air angkat bicara soal viral penumpang pesawat rute Bandara Kuala Lumpur (Malaysia)-Bandara Soekarno-Hatta (Indonesia) ngamuk karena AC pesawat mati. Pihak Batik Air minta maaf atas kejadian itu dan memastikan penerbangan aman.

Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan peristiwa itu terjadi pada penerbangan nomor ID-7283 rute Kuala Lumpur tujuan Jakarta pada Senin, 10 April 2023. Ia mengatakan pesawat dengan nomor registrasi PK-LBS dalam kondisi prima dan aman dioperasikan.

"Batik Air minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBS dalam kondisi prima dan aman dioperasikan," kata Danang, dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Batik Air menjelaskan kepada tamu dengan menginformasikan secara jelas dan transparan tentang situasi tersebut, serta memberikan solusi alternatif yang sesuai.

Ia mengatakan, ketidaknyamanan (keluhan pesawat kurang terasa dingin dan lampu sempat padam seketika) yang terjadi pada situasi dimaksud disebabkan ground power unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal (ground power issue).

"Ground power issue adalah gangguan yang terjadi pada pasokan daya listrik yang diberikan pada pesawat melalui GPU saat pesawat sedang parkir di darat. Kendala dapat berupa ketidakmampuan GPU memberikan pasokan listrik yang cukup pada pesawat atau terjadi indikasi kegagalan pada sistem kelistrikan yang menyebabkan pasokan daya listrik terganggu," tutur Danang.

Ia menambahkan, GPU disediakan pihak ketiga atau mitra ground handling yang bekerja sama dengan Batik Air di Kuala Lumpur.

Source: Okezone