Viral Parkir Liar di Stadion Pakansari Bikin Resah, Cuma Duduk di Pinggir Jalan Disuruh Bayar

Okezone
 Okezone - Sun, 26 Mar 2023 23:09
 Viewed: 291
Viral Parkir Liar di Stadion Pakansari Bikin Resah, Cuma Duduk di Pinggir Jalan Disuruh Bayar

BOGOR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor angkat bicara terkait viralnya parkir liar yang dikeluhkan masyarakat di sekitaran Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor. Sejatinya, kawasan parkir sudah memiliki aturan tersendiri yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

"Yang namanya parkir di tepi jalan tentunya sudah diatur oleh perundang-undangan yang berlaku. Peraturan Bupatinya juga sudah mengatur Jadi segala hal yang menyangkut retribusi perparkiran tentunya harus mengacu kepada ketentuan tersebut," kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto kepada wartawan, Minggu (26/3/2023).

Dirinya tidak menampik banyak masyarakat yang mengadu atau mengeluhkan keberada parkir liar tersebut. Keluhan pertama yakni terkait besaran tarif parkir yang dipatok kepada masyarakat.

"Kita pun harus melihat harga parkirnya. Ini yang dikeluhkan oleh masyarakat, yang mengeluhkan ke saya pun cukup banyak. Banyak masyarakat bawa motor, turun dari motor sambil ngabuburit nongkrong tiba-tiba didatangi di kasih tiket parkir, nah tentunya tarif retribusi parkir tersebut juga jangan terlalu mahal, ketentuan harganya sudah ada," ungkapnya.

Selain itu, juga harus dibedakan kategori kendaraan yang parkir atau tidak. Sebab, banyak juga masyarakat yang hanya sekedar duduk masih di dekat kendaraanya tetap diminta uang parkir.

"Kami minta Dinas Perhubungan segera menertibkan, selama pengelola tersebut adalah pengelola yang betul yang sesuai, tentunya kita juga mengizinkan untuk dilaksanakan. Tetapi dengan catatan tertentu, pertama tarifnya harus sesuai. Namanya parkir orang itu kan menyimpan kendaraannya diamankan ditata. Tapi kalau orang duduk-duduk ya jangan diberikan retribusi parkir," pintanya.

Jangan sampai masyarakat beranggapan kawasan Stadion Pakansari berbayar. Persoalan parkir ini harus segera diselesaikan agar tidak menimbulkan polemik.

"Keluhan masyarakat ini bukan masyarakat memarkir motornya lalu turun dari motor diberikan karcis parkir, tidak. Yang dikeluhkan masyarakat ini, masyarakat lagi mampir, turun dari motor, lagi duduk diberikan karcis disuruh bayar. Kan harus dibedakan antara parkir dan jalan berbayar. Namanya parkir itu orang berhenti nitip motornya orangnya pergi. Kalau ini kan, seakan-akan kok kita lewat Pakansari seperti berbayar. Tentunya ini harus menjadi perhatian khusus Dinas Perhubungan supaya tidak jadi polemik segera mengambil langkah," tutupnya.

Sebelumnya, beredar video di media sosial warga yang mengeluhkan keberadaan parkir di sekitaran Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor. Bukan tanpa sebab, warga itu diminta membayar parkir Rp 5 ribu meski hanya duduk masih di dekat motornya.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @infokabupatenbogor. Dalam video terdengar seorang wanita sambil memegang karcis parkir di pinggir jalan sekitar Stadion Pakansari malam hari.

Terdengar wanita itu mengeluhkan tiket parkir yang diberikan seseorang. Padahal, dirinya hanya duduk di bangku pinggir jalan dekat motornya dan orang yang memberi tiket justru tidak terlihat menjaga.

"Jadi kita lagi duduk di kursi (pedestrian), ini memang disediakan kan. Terus kita parkir motor disini (tepi jalan) sambil jagain motor. Tahu-tahu dikasih parkir satu (motor) Rp 5.000," keluh suara wanita dalam video yang dikutip MNC Portal.

"Padahal kita nggak kemana-mana, cuma duduk di sini aja. Padahal motor dijagain juga nggak sama orangnya," tambah wanita itu.

Source: Okezone