Viral Memek, Es Khas Aceh yang Bikin Netizen Salah Fokus

Okezone
 Okezone - Mon, 23 Oct 2023 09:01
 Viewed: 304

INDONESIA memang meimliki suku dan kebudayaan yang beragam, hal ini juga lah yang kemudian membuat Indonesia memiliki beragam kuliner. Makanan-makanan itu pun tidak hanya enak, tapi juga banyak memiliki nama-nama multitafsir.

Wajar saja, mengingat sebuah kata bisa memiliki arti berbeda tergantung daerahnya. Seperti pada kuliner khas Simeulue yang baru-baru ini viral di jagat maya. Kuliner berupa minuman dari daerah Aceh ini bernama 'memek'.

Beberapa dari Anda mungkin akan berpikir negatif. Namun, sebenarnya, pembacaan 'e' pada nama minuman ini layaknya seperti membaca kata 'elang'. Memek sendiri sudah lama menjadi salah satu minuman khas yang ada di Aceh. Namun, minuman satu ini kembali viral, setelah salah satu konten kreator mereview dan membeli langsung kedai di Aceh yang menjual memek ini.

Dalam konten yang diunggah di akun TikTok @awien_syuib itu, pria dalam video tersebut tampak memegang segelas memek yang dibelinya. Ia juga tampak berdiri di depan spanduk kuning bertuliskan kata 'memek' yang terpampang cukup besar.

Pria tersebut lantas menunjukkan apa itu memek yang sedang dipegangnya. Ia menjelaskan, memek sebenarnya berupa beras ketan yang menjadi topping di minuman berwarna putih yang terbuat dari santan itu.

"Jadi inilah satu gelas memek ya. Sebenarnya memek itu yang di atasnya ini nih. Beras ketan yang digonseng, itu sebutannya memek, dan berasal dari kata mamamek atau kalau kita makan itu lebih 'mengunyah'," ujar pria tersebut.

Ya, memek pada dasarnya merupakan makanan khas dari Kabupaten Simeulue yang terbuat dari campuran beras ketan yang digonseng dan pisang. Kedua bahan utama tersebut dicampur dengan santan yang sudah dipanaskan, gula dan garam. Proses pembuatannya butuh waktu sekitar satu jam. Setelah masak, memek dapat disantap langsung atau saat sudah dingin.

Nama memek berasal dari 'mamemek' yang berarti mengunyah-ngunyah atau menggigit. Namun saat ini masyarakat di Simeulue lebih populer menyebutnya sebagai memek.

Source: Okezone