Viral Dugaan Kebocoran Data Paspor 34 Juta WNI, Dirjen Imigrasi Pastikan Lakukan Penelusuran

Okezone
 Okezone - Wed, 05 Jul 2023 15:26
 Viewed: 162
Viral Dugaan Kebocoran Data Paspor 34 Juta WNI, Dirjen Imigrasi Pastikan Lakukan Penelusuran

JAKARTA - Viralnya unggahan di media sosial yang menyampaikan adanya dugaan kebocoran data paspor 34 Juta Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan diperjualbelikan. Adapun penggunggah informasi tersebut yakni akun twitter @secgron milik Teguh Aprianto, pengamat dunia keamanan siber.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Silmy Karim menegaskan pihaknya saat ini tengah menelusuri kebenaran dari informasi tersebut.

"Sedang diselidiki kebenarannya," ujar Silmy melalui pesan singkat kepada MPI, Rabu (5/7/2023).

Silmy pun menjelaskan pusat server dari basis data paspor tersebut berada di Pusat Data Nasional (PDN) kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

"Yang jelas database (server) kita di Pusat Data Nasional (PDN) kementerian Kominfo," ujarnya.

Saat informasi tersebut beredar luas di jagat media sosial, Silmy mengatakan Tim dari PDN Kemenkominfo tengah mengadakan rapat membahas dugaan kebocoran data paspor puluhan juta WNI tersebut. Selain tim PDN, Operasional Badan Siber dan Sandi Negara Nasional (BSSN) hendak menelusuri kebenaran dari informasi tersebut.

Seperti diunggah oleh Teguh Aprianto, puluhan juta paspor WNI tersebut tengah diperjualbelikan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Source: Okezone