Viral Aksi Para Bule Mainkan Gamelan, Skill-nya Gak Kalah dari Orang Indonesia!

Okezone
 Okezone - Mon, 24 Jun 2019 22:18
 Viewed: 332
Viral Aksi Para Bule Mainkan Gamelan, Skill-nya Gak Kalah dari Orang Indonesia!

BUDAYA Indonesia memang menjadi daya tarik bagi para turis asing. Tidak jarang, banyak turis bule yang rela belajar kesenian Indonesia, salah satunya adalah gamelan tradisional.

Seperti video yang diposting oleh Nur Paku Bumi. Dalam video tersebut, Seke tabuh tunas mekar dari Colorado USA nampak terampil memainkan gamelan. Bahkan, mereka mampu menyajikan teknik permainan yang cukup sulit.

Aksi mereka tak hanya membuat penonton berdecak kagum, tetapi juga membangkitkan rasa bangga orang Bali. Hal Inilah yang membuat masyarakat yang mengunjungi Taman Budaya kian tercengang.

Pria dan wanita berpenampilan tinggi dan putih dengan rambut pirang kecokelatan, dan berhidung mancung itu tampak bersemangat memainkan gamelan Bali. Mereka menggerakan kepalanya, meliuk-liuk layaknya para penabuh Bali yang benar-benar menikmati instrumen yang dimainkan.

Grup Tunas Mekar asal Colorado, Amerika Serikat ini memang memeriahkan pergelaran seni budaya Bali untuk kedua kalinya dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41.

Grup Tunas Mekar asal Colorado ini pertama kali dibentuk pada tahun 1988, dengan generasi pertama yang telah digantikan. Saat ini, sudah tumbuh generasi kedua dengan jumlah penabuh Gamelan sekitar 26 orang warga Amerika Serikat.

Generasi yang tampil sebelumnya kini hanya tersisa dua orang saja dan juga berkesempatan ikut pada tahun ini. Dibantu oleh tiga orang tukang suling dan satu rebab dari Bali.

Grup Tunas Mekar yang berdomisili di Denver, Colorado, Amerika Serikat didirikan oleh Michael Fitts, dan latihan gamelan dilakukan oleh seorang guru Bali tulen bernama I Made Lasmawan. Instrumen yang dimainkan para murid Lasmawan ini adalah angklung kebyar.

Source: Okezone