Obat Covid-19 Molnupiravir Viral, Prof Beri: Si Tukang Tipu Virus!

Okezone
 Okezone - Mon, 04 Oct 2021 03:18
 Viewed: 251
Obat Covid-19 Molnupiravir Viral, Prof Beri: Si Tukang Tipu Virus!

MOLNUPIRAVIR produksi Merck membuat gempar dunia medis. Hasil uji coba yang mereka lakukan menerangkan bahwa pil oral tersebut mampu mencegah orang yang terpapar Covid-19 masuk rumah sakit hingga cegah kematian.

'Obat Covid-19' diberikan hanya pada mereka yang bergejala ringan hingga sedang. Hingga sekarang, produsen obat masih menunggu keluarnya izin penggunaan darurat (EUA) obat tersebut.

Profesor Zubairi Djoerban, seorang Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, coba merangkum beberapa hal mengenai Molnupiravir yang disebut sebagai 'Si Tukang Tipu'. Kenapa begitu?

"Obat ini dirancang untuk menipu virus agar tidak bereplikasi," katanya di salah satu poin terkait dengan profil Molnupiravir, di Twitter, belum lama ini.

Selain punya kemampuan mencegah virus bereplikasi, Molnupiravir juga dipercaya kurangi risiko rawat inap dan kematian 50 persen. "Obat ini sudah dipergunakan dan efektif untuk lawan Ebola, Chikungunya, dan Influenza," tambah Prof Beri, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Heboh Obat Covid-19 Oral Molnupiravir Diklaim Cegah Kematian

Sementara itu, menurut laporan Merck di Reuters, pasien yang menggunakan obat ini, baik pria maupun perempuan, tidak diperkenankan untuk berhubungan seksual tanpa kontrasepsi. Artinya, selama proses penggunaan obat, pasien gejala ringan hingga sedang itu wajib pakai kontrasepsi jika berhubungan badan.

Obat oral itu juga dilaporkan tidak mengubah DNA manusia. Jadi, tidak ada kegawatan yang perlu dikhawatirkan dalam penggunaan obat ini.

Source: Okezone