Netizen ke Sri Mulyani: Ibu Tolong Diawasi Dana Desa

Okezone
 Okezone - Wed, 29 Jan 2020 09:57
 Viewed: 426
Netizen ke Sri Mulyani: Ibu Tolong Diawasi Dana Desa

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkisah, mengenai banyaknya aduan yang dia terima mengenai penyelewengan penggunaan dana desa melalui akun media sosialnya. Menurutnya, hal ini menjadi permasalahan yang perlu segera diperbaiki agar pengelolaan dana desa tepat sasaran.

"Kalau di sosmed (sosial media) banyak feedback ke saya, bilang 'ibu tolong diawasi dana desa bu, kepala desa saya baru beli rumah baru', dan semacamnya," kata dia dalam pidatonya di BRI Group Economy Forum di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Baca Juga: Mau Dana Desa? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Dia menyatakan, jumlah desa di Indonesia saat ini mencapai 75.000, di mana masing-masing desa mendapatkan alokasi dana sebesar Rp900 juta hingga Rp3 miliar setiap tahunnya. Besarnya alokasi ini memang membuat banyak oknum ingin memanfaatkan untuk keuntungan pribadi.

Baca Juga: Madiun Jadi Wilayah Paling Banyak Terima Dana Desa

Sri Mulyani bahkan menyebut, dengan adanya alokasi dana desa, kini banyak orang yang ingin menduduki jabatan kepala desa. Di samping dapat gaji, jabatan itu juga memiliki kuasa untuk mengelola dana desa.

"Sekarang banyak yang kepengen jadi kepala desa, karena ternyata dapat gaji secara langsung dari pemerintah, terus ada anggaran pastinya (dana desa). Jadi orang 'wah seneng juga yah jadi kepala desa'," ungkapnya.

Source: Okezone