Kenali Hewan Koala yang Viral Akibat Kebakaran Hutan Australia

Okezone
 Okezone - Wed, 15 Jan 2020 13:05
 Viewed: 485
Kenali Hewan Koala yang Viral Akibat Kebakaran Hutan Australia

JAKARTA - Kebakaran hutan yang melanda beberapa wilayah di Australia mencuri banyak perhatian dunia, karena setengah miliar hewan, termasuk mamalia, reptil dan burung telah mati pada insiden yang telah terjadi sejak September 2019.

Banyak sekali pengguna media sosial yang memposting kebakaran ini, salah satunya memperlihatkan hewan Koala yang diberikan minuman oleh petugas pemadam kebakaran. Postingan ini pun mengundang banyak sekali perhatian publik, banyak yang mengucapkan bela sungkawa dan ada pula yang ikut berdonasi untuk musibah yang menerpa negeri kangguru ini.

Lalu, apakah kalian mengenal baik salah satu hewan khas Australia ini?

Menurut Britannica.com, Rabu (15/1/2020), hewan yang memiliki nama latin Phascolarctos cinereus atau juga disebut beruang koala, marsupial penghuni pohon di kawasan pesisir timur Australia yang diklasifikasikan termasuk dalam keluarga Phascolarctidae (suborder Vombatiformes).

Baca Juga: Warga Australia Bisa Tukar Uang yang Terbakar Akibat Kebakaran Hutan

Mamalia satu ini memiliki panjang sekitar 60 hingga 85 cm (24 hingga 33 inci) dan beratnya mencapai 14 kg (31 pon). Koala hampir tak berekor, tubuhnya kekar dengan warna abu-abu, dengan dada berwarna kuning pucat atau krem dan memiliki bintik-bintik.

Hewan ini berwajah dan memiliki hidung lebar, bulat, mata kuning kecil, serta telinga besar berbulu. Kakinya dan cakarnya yang kuat, dapat mumadahkannya menggengam sesuatu. Karena hewan kecil ini sangat mirip dengan beruang, kadang-kadang koala juga disebut sebagai beruang koala.

Koala salah satu hewan yang sangat sangat selektif memakan daun pohon eucalyptus tertentu.

Baca Juga: PM Australia Mengakui Salah Menangani Kebakaran Hutan

Umumnya secara individu ia bergerak hampir menghabiskan selusin pohon. Jika hewan satu ini terlalu banyak di daerah teralang, mereka menggunduli pohon-pohon makanan pilihan dan, karena tidak dapat hidup dengan spesiesnya.

Untuk membantu mencerna sebanyak 1,3 kg (3 pon) daun setiap hari, koala memiliki kantong usus (sekum) sekitar 2 meter (7 kaki) panjangnya, di mana ususnya ini terdapat bakteri simbiotik menurunkan tanin dan zat beracun dan kompleks lainnya yang berlimpah. Makanan jenis ini relatif sedikit bernutrisi yang sedikit memberikan energi cadangan kepada koala, sehingga hewan ini bisa menghabiskan berjam-jam hanya duduk atau tidur di batang pohon.

Koala merupakan satu-satunya anggota keluarga Phascolarctidae. Berbeda dengan marsupial arboreal lainnya, kantongnya terbuka ke belakang.

Source: Okezone