Jangan Cuma Nonton Politik, Video Hewan Lucu Ampuh Loh Hilangkan Stres

Okezone
 Okezone - Fri, 14 Jun 2019 08:35
 Viewed: 264

BANYAKNYA tekanan dari pekerjaan, kemacetan ataupun masalah lainnya kerap membuat kita stres. Tidak bisa dipungkiri, bila stres menjadi bagian dari kehidupan.

Mulai dari macet, kurang tidur, menghadapi wawancara kerja, dan berbagai faktor lainnya dapat memicu munculnya stres. Untungnya, mengurangi stres bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton video tingkah laku hewan yang lucu.

Saat berselancar di Instagram atau Twitter, Anda pasti menemukan berbagai jenis unggahan video. Mulai dari video debat politik hingga tingkah lucu binatang peliharaan, terutama kucing dan anjing.

Ternyata, kebanyakan orang cenderung lebih memilih menonton video hewan yang lucu ketimbang debat politik. Kok bisa? Sebagian besar beralasan bahwa video yang berbau politik membuat pikiran jadi keruh dan dapat memicu stres.

Baca Juga: 5 Potret Seksi Nora Alexandra, Tunangan Jerinx SID yang Memikat

Sementara, menonton video hewan yang lucu menimbulkan efek sebaliknya. Lantas, benarkah menonton video hewan lucu dapat mengurangi stres?

Sebelum mengulas bagaimana nonton video hewan lucu dapat mengurangi stres, sebaiknya Anda lebih dahulu memahami relasi antara hewan peliharaan dengan kesehatan mental manusia.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association (APA), menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan sosial dan emosional bagi manusia.

"Secara khusus, orang yang memiliki hewan peliharaan lebih percaya diri, bugar secara fisik, cenderung lebih tidak kesepian, lebih berhati-hati, berpengetahuan luas, tidak takut, dan cenderung lebih sibuk dibanding yang tidak memiliki binatang peliharaan," jelas Allen R. McConnell, PhD, ketua penelitian dari Miami University di Ohio.

Baca Juga: Diisukan Menikah dengan Konglomerat Arab, Rihanna Tetap Tampil Seksi Jadi Leopard

Berdasarkan studi di atas, adanya interaksi langsung antara hewan peliharaan ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental pemiliknya, terutama dalam mengatasi stres dan kesepian.

Lantas, apa benar menonton video hewan lucu dapat atasi stres? Tidak hanya interaksi, melihat tingkah lucu hewan dari foto dan video ternyata juga memiliki efek yang tidak jauh berbeda dalam mengurangi stres.

Source: Okezone