Heboh Truk Bermuatan Rudal di Jalan Tol, Begini Fakta Sebenarnya

Okezone
 Okezone - Thu, 10 Oct 2019 03:55
 Viewed: 1351

AKUN Facebook bernama Jajat Sudrajat membagikan postingan berupa foto truk bermuatan berat yang diklaim adalah rudal. Akun tersebut juga menyertai narasi bahwa negara semakin memanas.

"Negara semakin memanas. Tadi siang lihat truk bawa rudal banyak, semoga tidak terjadi perang," tulis akun Jajat dalam postingannya pada 7 Oktober 2019.

Baca Juga: Fakta di Balik Viral Sepatu Bersimbah Darah Mahasiswa & Pelajar


Setelah ditelusuri menggunakan tools pencarian google reverse image, diketahui bahwa foto truk yang diklaim bermuatan rudal itu diambil dari salah satu postingan foto dari akun Twitter milik TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro).

Dalam postingannya, TMC Polda Metro Jaya berisi seperti berikut: "08.46 Imbas truk muatan paku bumi yg mengalami gangguan di layang KM 28 (Lenteng Agung), Lalu lintas Tol Jorr dari KM 44 (Cikunir) padat,". Cuitan akun TMC Polda Metro Jaya ini dibuat pada 6 Juli 2017.

Menurut Syarief Ramaputra, seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), klaim akun Jajat Sudarajat yang menyebutkan foto truk mengangkut rudal adalah menyesatkan.

"Karena faktanya foto itu adalah foto truk pengangkut paku bumi yang mengalami mogok di jalan layang KM 28 (Lenteng Agung)," tegasnya dalam ulasan cek fakta di grup facebook Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax, Kamis(10/10/2019).

Baca Juga: Heboh Monas Berayun saat Gempa Guncang Jakarta, Ini Faktanya


Source: Okezone