Heboh Tanah Kuburan Meninggi di Padang Pariaman, Ini Kata Ahli Geologi

Okezone
 Okezone - Fri, 26 Mar 2021 11:21
 Viewed: 358
Heboh Tanah Kuburan Meninggi di Padang Pariaman, Ini Kata Ahli Geologi

PADANG - Tanah kuburan yang mendadak meninggi dari biasanya yang berada di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 211 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Menurut ahli geologi, Ade Edwar fenomena itu merupakan fenomena alam biasa yang disebut fenomena diapir. Diapir itu akibat berat jenis material yang dibawah lebih ringan dari yang di atas.

"Karena yang dibawah lebih ringan, membuat tanah itu menekan yang di atas sehingga tanah membubung. Apalagi ini setelah musim hujan. Bisa juga akibat ada retakan-retakan lain yang lebih ringan sehingga naik ke atas," katanya pada MNC Portal Indonesia, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Bikin Heboh! Tanah Kuburan Tua Mendadak Makin Tinggi

Warga diharapkan tidak mengaitkan hal yang klenik atau mistis. Jangan pula dianggap itu kuburan keramat, atau malah orang yang dikubur di sana kelakuannya jelek atau disebut dijepit tanah dan sebagainya.

"Fenomena ini biasa jangan pula dikaitkan ke hal-hal yang mistis karena bisa mengarah kepada kesyirikan," katanya.

Tinggi gundukan kuburan tersebut lebih kurang 1,5 meter dengan diameter 3,5 meter, kuburan yang menonjol tersebut terdiri dari tiga kuburan ketiganya tidak ada nama karena sudah kuburan tua.

Source: Okezone