Heboh Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Sat, 16 May 2020 06:09
 Viewed: 871
Heboh Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Faktanya

JAKARTA - Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten dipadati calon penumpang pada 14 Mei 2020. Hal ini melanggar aturan physical distancing guna mencegah penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19.

Bandara Soetta kembali melayani penumpang setelah pemerintah memperbolehkan kembali moda transportasi beroperasi di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik Lebaran dampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Pelonggaran ini membuat maskapai penerbangan beroperasi, seperti Garuda Indonesia, Citilink hinggga Lion Air Group.

Meski tidak sembarangan calon penumpang boleh naik pesawat karena syarat yang ketat, namun masih saja masyarakat mencari celah agar bisa bepergian. Hal ini membuat penumpukan calon penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta.

Berikut fakta-fakta menarik soal penumpukan penumpang di Bandara Soetta, Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

1. Penjelasan PT Angkasa Pura II

AP II angkat bicara soal terjadinya penumpukan antrean calon penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Antrean calon penumpang terjadi pada Kamis 14 Mei 2020 di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 04.00 WIB, di mana lalu sekitar pukul 05.00 WIB sudah tidak terjadi lagi antrean hingga sekarang.

2. Antrean Verifikasi Calon Penumpang

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan, personel AP II telah berupaya penuh mengatur antrean namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

"Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," kata Febri Toga.

3. Ada 13 Penerbangan Bikin Antrean Calon Penumpang

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan, ada 13 penerbangan yang membuat antrean calon penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 14 Mei 2020.

13 penerbangan tersebut terdiri dari 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink.

Source: Okezone