Heboh Pengungsi Rohingya Masuk ke NTT Bawa KTP Palsu, Menko PMK: Birokrasi Kecolongan

Okezone
 Okezone - Mon, 18 Dec 2023 07:05
 Viewed: 34

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy merespons perihal pengungsi Rohingya yang masuk ke Nusa Tenggara Timur dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu. Diduga KTP palsu itu dibuat di Kota Medan, Sumatera Utara.

Muhadjir mengaku belum mendapatkan laporan detail soal hal ini. Itu lantaran masalah KTP merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Itu saya belum dapatkan laporan secara detail bagaimana para pengungsi kok bisa mendapatkan KTP mungkin ada di kewenangan Kementerian Dalam Negeri ya untuk memastikan kenapa dia mendapatkan KTP itu," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Meski begitu, Muhadjir mengaku menyesalkan hal ini terjadi. Bahkan dia mengatakan birokrasi telah kecolongan.

"Tetapi saya termasuk orang yang sangat menyesalkan sampai terjadi. Itu berarti birokrasi kita itu telah kecolongan dengan kasus itu," ujarnya.

"Harus ditelisik lebih jauh. Jangan-jangan tidak hanya sejumlah itu mungkin jangan-jangan sudah banyak para pengungsi ini kemudian melakukan naturalisasi secara diam-diam," katanya.

Source: Okezone