Heboh Meteor Seharga Rp26 Miliar, Mengapa Sangat Mahal?

Okezone
 Okezone - Thu, 19 Nov 2020 02:23
 Viewed: 506
Heboh Meteor Seharga Rp26 Miliar, Mengapa Sangat Mahal?

JAKARTA - Heboh fenomena meteor jatuh di Desa Satahi Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Pasalnya, meteorit yang ditemukan oleh Josua Hutagalung tersebut dimungkinkan mencapai Rp26 miliar.

Menanggapi harga batu meteor tersebut, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono mengatakan akan segera mengecek mengenai jatuhnya meteorit pada rumah Hutagalung. Hal ini untuk mengecek kelangkaan dari batu tersebut.

Baca juga: Heboh Meteor Rp26 Miliar, KESDM: Kami Akan Cek

Dirinya menjelaskan, harga batu meteor yang jatuh tersebut tergantung bahan dasarnya. Apalagi jika meteor tersebut langka, maka harga jualnya tinggi.

"Mungkin karena langka, sehingga harganya mahal," bebernya kepada MNC News Portal, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Meteorit Senilai Rp25 Miliar di Sumut Ternyata Paling Dicari Astronom Dunia

Sebelumnya, pria di Desa Satahi Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, bernama Josua Hutagalung pada 5 Agustus lalu menemukan sebuah batuan luar angkasa atau meteorit. Batu tersebut diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun dan diklasifikasikan sebagai Chondrite berkarbon CM1 / 2, varietas yang sangat langka, dan nilainya sekira USD1,85 juta atau setara Rp25 miliar.

Menanggapi peristiwa ini, Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan itu merupakan meteorit biasa. Museum Geologi Bandung biasa mengidentifikasinya.

Source: Okezone