Heboh Korona, Layanan Kargo Bandara Adi Soemarmo dari dan Menuju China Disetop

Okezone
 Okezone - Tue, 04 Feb 2020 00:30
 Viewed: 247
Heboh Korona, Layanan Kargo Bandara Adi Soemarmo dari dan Menuju China Disetop

SOLO - Layanan pengiriman kargo dari dan menuju China melalui Bandara Adi Soemarmo Solo ditutup sementara waktu. Hal ini lantaran merebaknya virus korona di Wuhan, China.

Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus korona dari Wuhan. Pemerintah juga memutuskan menyetop sementara penerbangan langsung dari dan ke China mulai 5 Februari 2020.

Baca Juga: WHO Sebut Butuh Sistem Baru untuk Perangi Virus Korona

Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, mengatakan layanan kargo dengan tujuan dari dan ke China melalui terminal kargo Bandara Adi Soemarmo disetop sementara waktu. Hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

"Sejak adanya info merebaknya kasus virus korona di sana (China) disetop sementara. Namun demikian, sesuai jadwal dibuka lagi pada 10 Februari mendatang," ujar Danardewi kepada Solopos.com, Senin 3 Februari 2020.

Sementara Public Relation Regional Jawa Tengah DIY JNE Express, Widiana, membenarkan adanya pemberitahuan lisan terkait penutupan sementara layanan kargo internasional khususnya dari dan ke China. Namun, pihak JNE masih menunggu surat edaran resmi dari bandara atau pun pemerintah mengenai kebijakan ini.

"Kami sedang koordinasi dengan manajemen pusat terkait layanan internasional khususnya rute China. Jika memang sudah ada pengumuman secara resmi, kantor pusat akan mengeluarkan internal memo ke seluruh jaringan," paparnya.

Dia menambahkan, di wilayah Jateng pengiriman dengan tujuan internasional didominasi kiriman personal bukan keperluan ekspor. Kali terakhir JNE menerima pelanggan dari apotek yang mengirim masker dalam jumlah sangat banyak dengan tujuan Hongkong. Hal ini untuk antisipasi penyebaran virus korona di sana.

Baca Juga: Perangi Wabah Virus Korona, China Kerahkan 1.400 Tenaga Medis ke Wuhan

"Kalau barang yang masuk dari sana dari bandara sehingga kewenangannya kami kurang tahu. Tapi, kalau pengiriman keluar atau ke sana, kami masih melayani sampai 3 Februari," kata dia.

Sebelumnya, Manajemen Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo juga memutuskan menghentikan sementara rute penerbangan dari Kunming menuju Solo pergi pulang (PP) mulai pekan lalu. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi tersebarnya virus korona dari Wuhan, Tiongkok.

Source: Okezone