Heboh Brimob 'Impor' Amankan Aksi 22 Mei, Ini Faktanya

Okezone
 Okezone - Wed, 22 May 2019 06:58
 Viewed: 105

INFORMASI bohong alias hoaks terus beredar sebelum dan saat pelaksanaan aksi 22 Mei di Jakarta. Kali ini yang jadi korban hoaks adalah anggota Brimob saat sedang melakukan pengamanan di lokasi aksi.

Para anggota Brimob yang menggunakan senjata dan seragam lengkap serta penutup wajah (hanya mata yang nampak), disebut merupakan Brimob 'Impor' dari negara asing. Tudingan itu karena mata oknum Brimob tersebut terlihat sipit. Sebagaimana yang diposting netizen di sejumlah platform, dibawah ini:

Baca Juga: Hoax! Pernyataan Wiranto soal Masa Aksi 22 Mei untuk Latihan Menembak TNI-Polri

Hasil penelusuran yang dilakukan Okezone, ditemukan satu akun Facebook (FB) atas nama Meutia, mencoba meluruskan informasi. Dalam postingannya, Meutia menampilkan sejumlah tangkapan layar dari insta story maupun whatsapp story tentang klarifikasi dari istri-istri anggota Brimob yang dituduh merupakan polisi import.

Meutia juga menuliskan narasi sebagai berikut:

"Sampe disini udah paham ??

Yg bilang Brimob import, maen nya kurang jaoh, pulang nya kurang malam

Pinternya kebangetan..

Bpk2 yg BKO bnyk dr kalimantan, manado dari suku bugis, babel dan daerah2 diluar jawa yg matanya mmg kebanyakan sipit suami tmn2 jg bnyk yg sipit, ehh di fhoto nampak mata aja krn pake masker katanya ada polisi china nyusup

Ya Allah..indahnya melihat kelakuan2 manusia2 sekarang

#StopHoax "


Baca Juga: Kabar Suku Baduy Luar Bergerak ke Jakarta untuk Hancurkan Kecurangan Rezim, Ini Faktanya

Sementara itu, dalam komentarnya, Yetty Robin menuliskan. "Tega suami ku jadi korban hoaks,".

Zu Msglow Sumut Stockist juga memberikan klarifikasi. "Tolong bantu luruskan. Bahwasannya kebenarannya tidak seburuk pihak tertentu katakan. Suami ku benar-benar anggota Brimob RI,".

Jika dilihat dari profil FB kedua orang ini, mereka merupakan ibu Bhayangkari di Kota Palembang dan Sumut. Di FB keduanya pun terdapat foto suami mereka yang saat ini sedang menjalankan tugas pengamanan aksi 22 Mei.

Kesimpulannya, oknum Brimob yang difoto lalu disebut Brimob import tersebut merupakan anggota Polri dari Palembang dan Sumut. Tidak ada yang membuktikan bahwa foto tersebut adalah Brimob import.

Source: Okezone