Foto Pasien Telanjang di Lantai Rumah Sakit Viral, Otoritas India Lakukan Penyelidikan

Okezone
 Okezone - Wed, 02 Jun 2021 07:21
 Viewed: 343
Foto Pasien Telanjang di Lantai Rumah Sakit Viral, Otoritas India Lakukan Penyelidikan

BHUBANESWAR - Pemerintah Negara Bagian Odisha, India meluncurkan penyelidikan setelah sebuah klip video dan foto beberapa pasien yang terbaring telanjang di lantai dan kamar kecil rumah sakit Covid di India menjadi viral di media sosial.

Gambar-gambar itu muncul di saat India tengah mengalami gelombang kedua Covid-19 yang memunculkan jumlah rekor kasus dan kematian Covid-19, menunjukkan ketidaksiapan infrastruktur kesehatan negara itu.

BACA JUGA: Belum Kelar Dilanda Tsunami Covid-19, India Konfirmasi Penyakit Baru

Berbicara kepada Sputnik pada Selasa (1/6/2021), Hakim Distrik Mayurbhanj, Vineet Bhardwaj, menyatakan bahwa sebuah video dan beberapa foto dari Institut Ilmu Kedokteran Kalinga (KIMS), sebuah rumah sakit Covid di mana pasien terbaring telanjang di lantai menjadi viral di media sosial.

"Saya telah memerintahkan penyelidikan segera dalam masalah ini. Penyelidikan tingkat tinggi sedang berlangsung," katanya.

Dia lebih lanjut menyebutkan bahwa ada tuduhan kelalaian medis dan kurangnya kebutuhan pokok di rumah sakit termasuk, staf dan pasokan oksigen.

"Sebuah tim pejabat senior memeriksa dan meninjau pengaturan di rumah sakit. Sebuah laporan akan segera diserahkan dalam hal ini," kata Bhardwaj.

BACA JUGA: Pemerintah India Resmi Hapus Kata 'Varian India' Terkait Covid-19

Dalam video dan foto yang menjadi viral di media sosial, terlihat pasien terbaring di bawah wastafel, ada yang berada di dekat toilet dan ada pula yang terbaring telanjang di lantai.

Rumah sakit Covid dengan 100 tempat tidur itu mulai berfungsi tahun lalu setelah pemerintah kabupaten menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Institut Ilmu Kedokteran Kalinga (KIMS) pada April 2020.

Source: Okezone