Bukannya Selesaikan Masalah, Pernyataan Como 1907 soal Dugaan Rasis kepada Pemain Wolves Justru Buat Netizen Dunia Geram

Okezone
 Okezone - Tue, 16 Jul 2024 22:55
 Viewed: 68

PERNYATAAN Como 1907 terkait tanggapan mereka soal dugaan rasis kepada pemain Wolverhampton Wanderers, Hwang Hee-chan nyatanya bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru memperkeruh suasana. Sebab pernyataan Como 1907 justru buat pencinta sepakbola dunia geram.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh perwakilan klub milik pengusaha Indonesia tersebut, yakni, Mirwan Suwarso, Como 1907 seakan menipis kabar dugaan rasis kepada Hwang Hee-chan. Mirwan menyatakan semua itu hanyalah sebuah kesalahpahaman semata.

Padahal jelas insiden yang terjadi di laga uji coba antara Como 1907 vs Wolves -julukan Wolverhampton- pada Senin 15 Juli 2024 lalu merupakan momen yang cukup besar hingga menarik perhatian dunia. Pasalnya rekan Hwang Hee-chan, Daniel Podence, sampai terkena kartu merah karena menonjok pemain Como 1907 yang diduga melakukan rasis.

Laga uji coba yang sempat terhenti karena insiden tersebut pada akhirnya tetap dilanjutkan dan dimenangkan oleh Wolves dengan skor 1-0. Usai laga, Mirwan selaku perwakilan Como 1907 mengeluarkan sebuah pernyataan kontroversi karena seakan tak membenarkan adanya rasis di laga uji coba tersebut.

"Klub kami tidak mentolerir rasisme dan mengutuk segala bentuk itu dengan cara sekuat mungkin. Kami berbicara dengan bek terkait, untuk memahami apa yang ia katakan. Dia telah memberi tahu kami komentar yang dia buat, dan dia mengatakan 'abaikan dia, dia mengira dia Jackie Chan'" bunyi pernyawaan Mirwan, dikutip dari media resmi Como 1907, Rabu (17/7/2024).

Ya, tampaknya pemain Como 1907 menyebut Hwang Hee-chan sebagai "Jackie Chan" lantaran keduanya sama-sama dari Asia. Namun, pihak Como 1907 membantah aksi rasis tersebut karena menilai itu karena Hwang Hee-chan sendiri akrab dipanggil Channy oleh para pemain Wolves.

Source: Okezone