5 Hujan Es Bikin Heboh, Pernah Terjadi di Depok hingga Bandung

Okezone
 Okezone - Mon, 27 Sep 2021 22:01
 Viewed: 378
5 Hujan Es Bikin Heboh, Pernah Terjadi di Depok hingga Bandung

JAKARTA - Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadinya hujan es di Indonesia. Peralihan dari satu musim ke musim lainnya atau musim pancaroba merupakan penyebab utama dari terjadinya hujan es. Saat hujan es, butiran-butiran es jatuh yang berasal dari kondensasi air hujan yang menggumpal diatas permukaan bumi.

Fenomena hujan es terjadi di beberapa daerah di Indonesia pada bulan-bulan tertentu. Berikut ini adalah kejadian-kejadian hujan es yang terjadi di Indonesia beberapa waktu terakhir:

BACA JUGA: BMKG Ungkap Alasan Hujan Es Kerap Melanda seperti di Depok

1.Depok dan Bogor

Depok dan Bogor diterjang hujan dengan intensitas sedang, lebat disertai dengan angin kencang pada 21 September 2021 kemarin. Selain itu, warga setempat juga menyadari bahwa sempat terjadi hujan es. Beberapa video dan foto hujan es di Depok dan Bogor ini tersebar di sosial media. BMKG sudah mengonfirmasi mengenai hal ini dimana hujan es ini terjadi akibat musim peralihan atau pancaroba. Pertumbuhan awan cumulonimbus cukup kuat pada masa peralihan ini sehingga dapat melewati level beku.

BACA JUGA: 5 Fakta Cuaca Ekstrem Terjang Depok, Hujan Es hingga Atap Rumah Terbang

2.Bekasi

Wilayah Jatiasih, Pondok Gede, Pondok Melati, dan Jasam di Bekasi dilanda fenomena hujan es pada 14 April 2021. Hujan es ini juga sebelumnya diawali dengan angin kencang dan hujan lebat. Foto dan kronologi kejadian ini sempat ramai diperbincangkan di media social. BMKG juga sudah mengonfirmasi kejadian ini dan menjelaskan bahwa ini terjadi akibat perkembangan awan Cumulonimbus. Tidak ada laporan kejadian kerusakkan akibat fenomena hujan es ini.

Source: Okezone