4 Tempat Pemakaman Paling Mewah dan Mahal di Indonesia! No 4 Satu Makam Harganya Rp 6 Miliar!

slidegossip
 slidegossip - Thu, 20 Feb 2020 04:35
 Viewed: 427
4 Tempat Pemakaman Paling Mewah dan Mahal di Indonesia! No 4 Satu Makam Harganya Rp 6 Miliar!
slidegossip.com - Tempat pemakaman Ashraf Sinclair, yakni San Diego Hills, kini jadi perbincangan banyak orang. Di San Diego Hills, jenazah suami Bunga Citra Lestari itu ditempatkan di kelas semi private khusus yang menyediakan dua makam berdampingan. Selain San Diego Hills, ternyata masih ada tempat pemakaman lain yang juga menawarkan harga fantastis. Seperti dilansir dari merdeka.com (19/2/2020), inilah 4 tempat pemakaman mewah yang harganya paling mahal di Indonesia:

San Diego Hills (sales-sandiegohills.com)

1. Al Azhar Memorial Garden

Tempat Pemakaman Umum Al Azhar Memorial Garden ini dikembangkan oleh Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar, yang menyediakan layanan makam elite. Target mereka tentu saja orang-orang Islam kaya raya yang ingin dimakamkan secara syariah dengan pelayanan eksklusif.

Al Azhar Memorial Garden memiliki luas lahan sekitar 25 hektare di wilayah Karawang Timur dan siap menampung sekitar 29.000 ribu jenazah Muslim dari wilayah Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, dan sekitarnya.

Harga makam di sini tergantung tipe nya. Untuk tipe single harganya Rp 38 jutaan. Tipe Double Rp 118 jutaan. Tipe Super Double Rp 235 jutaan. Tipe Family A Rp 227 jutaan. Tipe Family B Rp 355 jutaan. Tipe Super Family A Rp452 jutaan. Dan yang paling mahal tipe Super Family B seharga Rp 827 jutaan.

2. Heaven Memorial Park

Taman pemakaman Heaven berlokasi di Tangerang, Banten dan di Bogor, Jawa Barat. Makan di Heaven ini juga memiliki harga berbeda, tergantung tipenya. Untuk lahan ukuran single harganya Rp 27 jutaan. Kemudian ada paket Gold-Gold seharga Rp 36 jutaan dan paket Platinum seharga Rp 40 jutaan.

Heaven Memorial Park Dibangun pada tahun 2002, di area pemakaman seluas 125 hektare di Bogor, Jawa Barat. Kemudian dibangun lagi Heaven Memorial Garden di daerah Tangerang, Banten.

3. TPU Gunung Gadung

TPU Gunung Gadung terletak di Cipaku, Bogor. Tempat pemakaman ini begitu kesohor di kalangan etnis Tionghoa kelas atas. TPU ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Luas totalnya mencapai 120 hektare.

Orang-orang yang dimakamkan di TPU Gunung Gadung ini bukan cuma asal Bogor, tetapi juga dari luar kota. Beberapa di antaranya ada konglomerat besar dari Sampoerna grup, Djarum, Indofood, dan lainnya yang sudah memiliki kavling di Gunung Gadung ini.

Pada tahun 2017, harga per meter tanah di TPU ini berkisar Rp 1 juta bahkan ada yang lebih. Tahun ini tentu saja harganya sudah naik. Jika lokasi semakin bagus, maka harga semakin mahal. Itu pun belum termasuk izin dan bangunan. "Biasanya makam yang ukuran 4 x 4 meter beserta bangunan itu harga standarnya Rp50 juta," ujar Mukhtar, staff TPU Gunung Gadung.

4. San Diego Hills

San Diego Hills menjadi salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) termahal yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Bahkan harga makamnya ada yang mencapai miliaran rupiah.

Ada sejumlah tipe pemakaman di San Diego Hills. Untuk tipe single burial ada 2 macam jenis paket. Paket dan nonpaket tergantung dengan tipe dan area. Harga pemakaman tipe ini mulai dari Rp 37 juta hingga Rp 84 jutaan rupiah.

Lalu ada tipe semi private dengan kisaran harga mulai dari Rp 224 juta hingga Rp457 jutaan. Untuk tipe private, harganya mencapai Rp 650 juta hingga Rp1,7 miliar. Tipe yang paling mewah dan paling mahal adalah peak estate seharga mulai dari Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.
Source: slidegossip