Suggest Us New Place
Join LI for Business

Serabi Masuk Daftar Jajanan Terbaik Nomor 2 di Dunia, Ini 5 Jenisnya dari Berbagai Daerah

Fri, 11 Aug 2023 11:00, Viewed: 2120
Serabi Masuk Daftar Jajanan Terbaik Nomor 2 di Dunia, Ini 5 Jenisnya dari Berbagai Daerah

KABAR membanggakan datang dari dunia kuliner Indonesia, salah satu kue tradisional Indonesia yakni serabi masuk dalam daftar jajanan pinggir jalan terbaik di dunia versi Taste Atlas.

 

Dalam daftar jajanan pinggir jalan terbaik di dunia versi Taste Atlas, serabi menempati urutan kedua, tepat di bawah Pastel de Nata asal Portugal. Kue yang sering disebut sebagai pancake versi lokal ini dengan tepung beras, santan atau kelapa parut, menghasilkan cita rasa gurih dan manis.

 

Serabi umumnya dilengkapi berbagai topping seperti gula, kuah kinca, pisang, kacang tumbuk, nangka, taburan cokelat, atau oncom. Bisa juga dengan topping lebih kekinian yang modern juga termasuk daging, sosis, atau es krim Penasaran, apa saja sih jenis-jenis serabi yang tersebar di berbagai daerah? Dihimpun dari Indonesia Tourism dan Taste Atlas, Selasa (1/8/2023) ini dia lima jenis serabi dari berbagai daerah di Indonesia, jajanan nomor dua terenak di dunia.

 

1.Surabi (Bandung): Ini merupakan nama untuk serabi khas Bandung, yang menggunakan toping oncom sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan manis. Surabi Bandung juga bisa ditemukan dengan rasa pandan dilengkapi kuah kinca berbahan dasar stroberi, durian, atau kelapa.

 

 

2.Serabi kuah Ponorogo: Berbeda dengan serabi pada umumnya, serabi Ponorogo disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair atau dengan parutan kelapa.

 

3. Serabi Cirebon: Berbentuk bulat pipih dan punya rasa gurih karena hadir dengan aneka topping seperti oncom, telur, tauco, hingga tempe orek. Selain itu, umumnya para warga Cirebon menikmati serabi dengan cara yang unik yakni dimakan dengan gorengan.

 

4.Jaje Laklak (Bali): Bali juga punya serabi lebih dikenal dengan nama Jaje Laklak. Ciri khas dari serabi ini karena warna hijaunya yang terbuat dari tepung beras dengan campuran air dan ekstrak daun pandan dan disajikan dengan taburan kelapa parut serta air gula merah di atasnya.

 

5.Serabi Solo: Identik punya rasa manis, tekstur yang lembut dan tidak terlalu padat di bagian tengah. Serabi Solo yang terkenal adalah Serabi Notosuman yang disajikan dengan cara digulung dan di dalamnya terdapat toping nangka, stroberi, pandan, keju, selain yag lebih tradisional yakni polos dan bertabur cokelat.

 

 

 

Sumber: okezone
Top Reviewer
Latest Review
Most Reviewed
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio