Suggest Us New Place
Join LI for Business

Ini 4 Mie Khas Batam yang Wajib Dicoba, Lezat dan Nikmat!

Wed, 12 Jul 2023 09:45, Viewed: 1953
Ini 4 Mie Khas Batam yang Wajib Dicoba, Lezat dan Nikmat!

BATAM dikenal sebagai kota yang dikenal dengan kemajuannya, bahkan disebut sebagai pintu masuknya menuju Singapura. Batam juga dikenal dengan aneka wisata kulinernya lho, termasuk mie khasnya.

 

Perpaduan budaya Indonesia, Melayu, dan Tiongkok menjadikan suatu perpaduan kuliner yang disajikan ke dalam makanan khas Batam yang sangat unik dan menggugah selera.

 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat mie khas Batam yang wajib dicoba. Rasanya lezat, nikmat dan membuat ketagihan.

 

1. Mie Sagu

 

Mie Sagu

(Foto: Zonamakan)

 

Indonesia dikenal memiliki berbagai olahan mie, termasuk di Batam yaitu mie sagu namanya. Menjadi salah satu kuliner khas Batam yang wajib dicoba.

Mie sagu memiliki tekstur yang kenyal, ukurannya yang besar dan aroma khas-nya berasal dari aroma sagu yang pekat bercampur dengan bumbu dan rempah-rempah.

Kudapan satu ini biasanya disajikan bersama dengan taburan tauge, tambahan telur, bakso ikan, udang atau bahkan potongan ikan.

 

2. Mie Tarempa

 

Memang bukan kuliner khas Batam, namun mie Tarempa cukup laris dan selalu menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Sekilas mirip dengan mie Aceh. Serta yang membuat nikmat adalah dengan citarasa yang kaya akan rempah-rempah dan berwarna kemerahan.

 

3. Mie Lendir

 

Mie Lendir

(Foto: Cookpad)

 

Dari namanya saja sudah terdengar absurd. Namun mi lendir ini jadi kuliner khas Batam yang bisa Anda coba saat datang ke kota ini.

Mie Lendir terbuat dari campuran antara mie kuning dan mie putih, yang dilengkapi dengan tauge, telur rebus, potongan cabai hijau, seledri, dan bawang goreng.

Kuahnya berwarna cokelat dan lebih kental, sehingga disebut dengan mie lendir. Kemudian rasanya yang manis, dan tekstur kentalnya berasal dari adanya campuran tepung kanji di dalamnya.

 

4. Mie Kacang Selate Panjang

 

Kemudian ada mie kacang Selat Panjang merupakan varian dari Mie Selat Panjang yang meminjam nama dari sebuah kabupaten di Riau, merupakan makanan olahan mi. khas Batam.

Keunikannya adalah ada pada kuahnya yang terbuat dari kaldu udang atau kuah kacang. Terbuat dari campuran kacang, santan, dan bumbu penyedap sebagai bahan pembuat kuahnya.

 

Sumber: okezone
Top Reviewer
Latest Review
Most Reviewed
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio