Suggest Us New Place
Join LI for Business

5 Tips Jajan Makanan Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Mon, 02 Nov 2020 10:00, Viewed: 575
5 Tips Jajan Makanan Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 kita harus semakin menjga kebersihan dan kesehatan agar tak terkena Covid-19. Termasuk dalam hal jajan makanan, kita juga harus mengikuti protokol kesehatan.

 

Seperti dilansir dari Consumerfed, terdapat 5 tips aman yang bisa dilakukan saat jajan atau membeli makanan. Simak yuk, apa saja?

 

1. Menjaga jarak sosial

 

Meminimalkan perjalanan ke toko, menjaga jarak saat berbelanja, dan membersihkan barang belanjaan setelahnya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jarak sosial akan mengurangi peluang penularan virus yang melindungi kesehatan Anda, dan komunitas Anda.

 

Cobalah menjaga jarak sejauh dua meter dari pembeli lainnya. Lepaskan tas yang dapat digunakan kembali, dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah pulang dan membongkar makanan.

 

2. Pahami risiko makanan yang terkait dengan virus corona

 

Menurut Food and Drug Administration (FDA) paparan virus corona terhadap makanan masih belum dipastikan bisa menjadi sumber penularan. Penelitian belum menunjukkan bahwa Anda dapat menangkap virus dari makan makanan yang terkontaminasi.

 

Beberapa studi mendokumentasikan bukti bahwa virus menyebabkan gejala gastrointestinal, dan memiliki potensi untuk menyebar melalui makanan. Tapi para ahli keamanan pangan mengatakan kemungkinan hal yang terjadi tidak signifikan.

 

Risiko penularan yang lebih besar adalah dari seseorang yang dekat dengan Anda. Bisa menular melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

 

3. Cuci tangan usai berbelanja

 

Menurut FDA virus menyebar dari manusia ke manusia, tetapi bisa saja dengan menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dan secara tidak sengaja menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka.

 

Para peneliti telah mendeteksi virus yang layak pada permukaan benda beberapa hari setelah terkontaminasi. Virus ini lebih stabil pada plastik dan stainless steel daripada pada tembaga dan kardus. Jadi mencuci tangan setelah memegang bahan makanan atau kemasan makanan sangatlah penting.

 

4. Beli makanan secara online

 

Beli makanan secara online sangat direkomendasikan. Anda bisa memesan aneka makanan atau jajan yang bisa disimpan cukup lama sebagai persediaan bahan makanan yang Anda miliki.

 

5. Cuci tangan pakai sabun sebelum makan

 

Usai menerima makanan yang Anda pesan melalui aplikasi online, segera cuci tangan Anda pakai sabun begitu menerima pesanan. Ini perlu dilakukan guna mencegah penularan virus corona sebelum Anda menyantap makanan yang dipesan secara online.

 

 
Sumber: okezone

Photo Gallery

Top Reviewer
Latest Review
Most Reviewed
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio