WAJIB COBA 5 KEDAI BAKMI YANG BIKIN NAGIH DI JAKARTA PUSAT

Thu, 28 Feb 2019 10:00
818
WAJIB COBA 5 KEDAI BAKMI YANG BIKIN NAGIH DI JAKARTA PUSAT

“Bakmi” adalah menu yang sudah tidak asing didengar bukan? Bahkan menu ini selalu dijadikan sebagai menu sarapan bagi beberapa orang. Setiap mendengar kata “Bakmi” saja sudah membuat lidah kita terkecap, perut kerucukan dan hasrat ingin menyantapnya pun timbul. Banyaknya kedai bakmi di Jakarta pusat membuat saya ingin mereviewnya, khusus yang berdomisili di Jakarta Pusat, berikut kedai bakmi yang bisa jadi menu sarapan maupun santapan makan siang kalian loh!



BAKMI AYAM ALOK

 


Mie Karet yang legendaris yang satu ini sudah ada dari tahun 1970, yang saat itu masih menggunakan gerobak di daerah Grogol dijajakan langsung oleh Ko Alok. Berpusat di Green Ville dan memiliki cabang di Jalan Muwardi dan Jalan KH. Hasyim Ashari ini serta diberbagai mall.


Mie yang dipilih Ko Alok adalah Mie Karet selain memiliki ciri khas sendiri dari segi mie nya, berukuran sedang, dan kenyal. Toppingnya pun memuaskan yaitu tumpukan potongan daging ayam kampung yang empuk karena proses perebusan yang pas, dan ada penambahan topping ati ampla ayam kampung untuk menu specialnya. Kuahnya sangat maknyus karena kuah yang disajikan sangatlah terasa gurihnya rebusan ayam kampung dipadukan sedikit asin dan manis menjadi satu.


Tidak ketinggalan ditemani oleh pangsit rebus yang sedikit manis untuk menyimbangi rasa gurih dan asin dalam setiap porsinya. Serta Bakso Goreng yang sangat dicari dan diminati oleh para Alokers yang datang. Bakso Goreng yang disediakan memiliki dua versi yaitu halal dan non-halal, jadi tetap aman bagi para penikmat bakmi yang halal.


Khusus di Bakmi Ayam Alok cabang KH. Hasyim Ashari menyediakan minuman popular dari kota Medan yaitu Soda Cap Badak. Minuman bersoda ini adalah minuman legenda pada tahun 1916 di Pematang Siantar. Jelas dengan adanya minuman ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi  tamu-tamu yang berdatangan ke cabang tersebut.


HARGA :
Bakmi Ayam Polos Rp 35.000/porsi
Bakmi Ayam Pangsit Rp 50.000/porsi
Bakmi Ayam Bakso Rp 47.000/porsi
Bakmi Ayam Special 47.000/porsi
Bakso Goreng Rp 12.000/pcs

 

LOKASI :
Jl. KH. Hasyim Ashari No. 36
Telp : 0853-2069-3644 & 0812-8337-7717
Senin TUTUP
Selasa – Minggu 06:30 – 14:00 WIB

 

 

MIE ALIP

 


Untuk pencinta Mie ayam siapa yang ga kenal dengan Mie Ayam Alip. Berasal dari nama pemiliknya yaitu Koh Alip, beliau sudah berdagang Mie Ayam ini dari tahun 1985, dimana lokasinya saat itu masih di jalan Batu Tulis lebih tepatnya sejajar dengan sekolah Santa Maria. Berjalannya waktu, pindahlah Mie Ayam Alip ini ke Jalan Sukarjo Wiryopranoto No. 20C. Walaupun posisi yang berpindah, Alip lovers tetap memenuhi Kedai Mie Ayam Alip ini. Salah satu khas ketika saya coba yaitu sayurnya yang berbeda dengan mie ayam lainnya, sayur yang digunakan bukan sayur sawi hijau, tetapi sayur siomak dimana sayur yang satu ini garing ketika dimakan.


Beralih kebagian lebih dalamnya selain sayur yaitu topping yang dipilih Koh Alip yaitu potongan daging ayam kampong dan jamur kancing yang saya dengar dari orang yang sudah dipercaya Koh Alip untuk mengelola kedai Mie ayam tersebut, jamur kancing yang dipilih dikirim langsung dari luar kota untuk menjaga kesegaran jamur tersebut. Untuk rasa ayam kampung dan jamur yang disajikan dimasak dengan rasa cenderung manis untuk menyeimbangkan rasa asin dan gurih seporsi mie ayam yang akan disajikan.
Mie halus nan keriting menjadi dasar perpaduan toping ayam kampung dan jamur manis tadi. Walaupun mie yang disajikan halus keriting namun terjaga untuk kekenyalannya alias tidak bonyok. Ditemani dengan pangsit rebus dan Bakso gorengnya yang enak banget karna mengunakan ebi dalam adonannya.

 

HARGA :
Baso Goreng Rp 6.000/pcs
Mie Ayam Polos Rp 26.000/porsi
Mie Ayam Pangsit/Baso Rp 32.000/porsi
Mie Komplit Rp 38.000/porsi

LOKASI :
Jl. Sukarjo Wiryopranoto No. 20C
Telp : 0812-9578070  & 021-3458688
Setiap Hari Jam Buka   : 06:00 – 14:30 WIB

 

 

BAKMI KSU

 


Bakmi KSU bisa dikatakan sebagai pendatang  baru,keberadaannya di Jl Garuda No. 40 ada sejak tahun 2016. Walau pendatang baru di daerah ini namun keahlian membuat Mie sudah Koh Doni miliki sejak beliau berdagang bakmi karet di daerah Semanggi dari tahun 1998. Hanya saja ada penambahan menu yaitu pemilihan bakmi kecil halus sebagai pilihan selain bakmi karet dan bakmi lebar.


Seporsi bakmi yang disediakan memiliki 2 topping ayam yang berbeda, yaitu berwarna putih pucat dan berwarna kecokelatan. Topping ayam yang berwarna putih pucat memiliki khas agak sedikit asin dengan campuran lada, untuk topping ayam yang berwarna kecoklatan cenderung memiliki rasa manis. Dua topping ayam inilah yang membuat bakmi ayam tercipta keserasiannya antara asin, manis dan gurih. Gurih yang dimaksud berasal dari kuah dengan aroma daun bawang sebagai taburannya.


Beralih ke swikiaw dan bakso goreng yang di pilih sebagai menu pendamping mie ayam. Digigitan pertama Swikiaw, akan langsung terasa adanya kehadiran seafood dan ayam sebagai bahan olahan Swikiaw tersebut dibalut kulit pangsit yang lembut. Sedangkan Bakso gorengnya memiliki tekstur lembut dan berisi/tidak kopong, dan hangat karena baru digoreng sesuai pesanan.


HARGA :
Bakmi/Bihun/Bakmi Lebar/ Bakmi Karet  Ayam Rp 19.000
Bakmi/Bihun/Bakmi Lebar/ Bakmi Karet  Baso/Pangsit Rp 24.000
Bakmi/Bihun/Bakmi Lebar/ Bakmi Karet  Swikiaw Rp 28.000
Bakmi/Bihun/Bakmi Lebar/ Bakmi Karet  Ayam Komplit 48.000
Baso Sapi/Ikan (isi 5) Rp 15.000
Baso Ayam Goreng Rp 10.000/pcs
Pangsit Rebus/Goreng (isi 5) Rp 17.000
Swikiaw (Isi 5) Rp 26.000
Nasi Tim Rp 19.000

LOKASI :
Jl. Garuda No. 40
Telp : 0815-8844911
Senin – Sabtu  : 07:00 – 20:00 WIB
Minggu 10:00 – 20:00 WIB

 

 

BAKMI KONENG (ANI)

 


Bakmi terenak yang satu ini agak tersembunyi, karena letaknya masuk ke dalam pusat perbelanjaan. Ya, Bakmi Koneng(ani). Kedai bakmi ini sudah ada dari tahun 1997, bakmi ini sangat terkenal untuk teman-teman yang sering berkunjung ke Pasar Senen Jaya. Bakmi yang tersedia ada banyak pilihan loh guys, dari Mie kecil halus, Mie Lebar, Kwetiau, Bihun, Locupan dan Misua. Waktu saya berkunjung kesana pilihan saya jatuh untuk mencicipi Mie kecil halusnya beserta pangsit untuk menambah kenikmatannya. Disini memiliki topping potongan dada ayam yang memiliki rasa sedikit asin dengan cincang kasar. Selain topping ayam tadi, kamu bisa pesan potongan ati ampela juga loh sebagai tambahan topping.


Beralih ke pangsit yang saya pesan di dalam sebuah mangkuk berisi kuahnya yang gurih tadi, pangsitnya uenyak sekali guys, rasa yang dihasilkan pas semuanya dari rasa asin, manis dan gurih ayam serta udangnya. Oh yah, sayur yang digunakan sama dengan bakmi alip, sayur yang digunakan adalah sayur siomak yang garing saat dimakan.


Bakmi akrab dengan penggunaan sambel cabe untuk menciptakan rasa pedas, namun disini acar cabe dapat dijadikan pilihan untuk menimbulkan sensasi pedas yang sedikit asam. Pokoknya kalau sedang berkunjung ke Pasar Senen Jaya, wajib arahkan langkah anda ke kedai bakmi koneng(ani) ini untuk memesan bakmi dan pangsit rebusnya yang endeess bingits.

 

LOKASI :
Pusat Grosir Senen Jaya
Telp : 0815-7434-8543
Senin Tutup
Buka hari Selasa – Minggu jam 06:00 – 14:00 WIB

 

 

BAKMI AYIN

 


Mie Lovers yang berdomisili di Mangga Besar pasti tahu dengan bakmi yang satu ini, namanya bakmi ayin. Pagi hari jam 7 pagi para pecintanya sudah berdatangan antri untuk membeli bakmi ayam yang lezat ini maupun nasi tim yang khas di kedai bakmi ini. Bakmi ini sudah eksis dari tahun 1990 di mangga besar, namun berpindah sekitar 60 meter dari posisi semula. Keberadaannya di Jl. Mangga Besar Raya No. 93D ini baru berusia 6 tahun. Seporsi bakminya berukuran pas untuk mengenyangkan perut dan kenikmatannya memanjakan lidah. Topping ayamnya berwarna kecokelatan namun tidak terlalu manis, karena rasa yang dominan antara asin dan gurih. Disini juga tersedia topping non-halal, jadi saat memesan ada pilihan antara topping halal dan non-halal yang guys.


Tak lama seporsi mie datang, sang pangsit rebuspun datang didalam mangkuk berisi kuah yang gurih. Jangan lupa untuk diberikan sedikit tongcai bila suka agar semakin memperkuat rasa. Di gigitan pertama, daging dalam pangsit terasa nikmat dengan seruputan gurihnya kuah.


Untuk semakin menambah kenikmatan Bakmi, di kedai ini menyediakan berbagai topping seperti siomay (non-halal), bakso goreng (non-halal) dan jamur besar yang dapat dipotong-potong untuk menemani mie kecil nan gurih tersebut.


HARGA :

Bakmi Pangsit Rp 25.000/porsi
Nasi Tim Rp 21.000/porsi
Siomay Rp 6.000/pcs
Bakso Goreng Rp 6.000/pcs


LOKASI :
Jl. Mangga Besar Raya No. 93D
Telp : 0896-9835-0239
Buka Setiap hari jam 07:00 – 16:00 WIB

Mie KSU
Bakmi Alok
Bakmi Ayin
Bakmi Koneng ( Ani )
Bakmi Alip

Latest Review

Review of Bari - Uma Ramen

Posted by Reski .
on 23 Jan 2019
hy
hh...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...