Pedas dan Lezatnya 5 Sambal Khas Jawa Barat

Tue, 19 Feb 2019 10:00
416
Pedas dan Lezatnya 5 Sambal Khas Jawa Barat

Di Indonesia terdapat beragam sambal yang menjadi pendamping yang selalu ada di meja makan. Setiap daerah memiliki sambal khas yang tak hanya lezat dan pedas, tapi juga memiliki cita rasa khas.

 

Selama ini makan terasa kurang lengkap tanpa sambal. Di Jawa Barat ada beraneka ragam sambal yang lezat dan pedasnya juara. Berikut sejumlah sambal khas di Jawa Barat.

 

Sambal Oncom

 

Sambal oncom merupakan sambal yang terbuat dari oncom yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Adanya tambahkan bumbu seperti rempah kencur, daun kemangi, dan bawang putih menjadikan sambal oncom memiliki rasa maupun aroma khas yang sangat menggugah selera.

 

Sambal Cibiduk

 

Selain itu, ada juga sambal cibiduk yang dibuat dari bahan mentah seperti cabai rawit, tomat hijau, bawang putih, kencur, dan daun kemangi serta garam. Karena menggunakan bahan mentah, sambal ini memiliki rasa dan aroma pedas menyengat. Sambal ini sangat lezat dan cocok untuk teman makan ayam goreng, ikan goreng atau pun daging goreng.

 

Sambal Dadak

 

Selanjutnya, sambal dadak yang tak memakai bawang sebagai campurannya. Bahannya hanya cabai rawit, tomat, garam, terasi dan gula merah. Perasan air jeruk membuat sambal ini terasa segar dan harum.

 

Sambal Tomat

 

Sambal tomat menjadi sambal khas Jawa Barat. Bahan untuk membuat sambal seperti cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih digoreng dulu sebelum dihaluskan bersama garam, gula, dan terasi.

 

Sambal Terasi

 

Sambal terasi terdiri dari dua jenis. Sambal terasi mentah dan terasi matang. Sambal terasi memiliki rasa yang khas dan menggugah selera serta gurih pedas. Sambal terasi khas ini rasanya pedas dan segar setelah diberi perasan jeruk nipis. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

 

Sumber: Liputan 6

Sambal Oncom

Latest Review

Review of Bari - Uma Ramen

Posted by Reski .
on 23 Jan 2019
hy
hh...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...